PENGEMBANGAN HIGH ORDER THINKING SKILLS ASESMENT BERBASIS LINGKUNGAN SEKITAR TERINTEGRASI MELALUI E-LEARNING PADA MATA KULIAH FISIKA SEKOLAH I.
Abstract
Pelaksanaan kurikulum 2013 menitik beratkan adanya perubahan paradigma pendidikan. Salah satu perubahan ditandai dengan adanya pemanfaatan media internet. Selaian itu fokus pembentukan anak didik sebagai insan yang kreatif, produktif dan afektif juga merupakan tujuan dari pendidikan di abad 21. Sebagai lembaga pencetak calon guru Program Studi Pendidikan Fisika terus mengembangkan kemampuan mahasiswa untuk terampil dalam mengajarkan materi Fisika. Tujan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan perangkat pembelajaran High Order Thinking Skills Asessment yang terintegrasi dengan program e-learning. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan pendidikan sebagaimana diungkapkan oleh Borg and Gall (1979). Inti dari penelitian ini ada dua tahap yaitu tahap studi pendahuluan dan tahap pengembangan. Tahap pendahuluan dilakukan denga studi literatur dan kegiatan observasi lapangan. Kualitas dari kegiatan perkuliahan di tahun ajaran sebelumnya dan kualitas mahasiswa menjadi tujuan pada tahap ini. Berikutnya adalah tahap pengembangan yang merupakan kegiatan perencanaan sampai dengan validasi. Validasi dilakukan dengan cara judgment expert (uji pakar) dan uji coba terbatas. Untuk mengetahui kehandalan instrument maka dilakukan uji coba pada mahasiswa yang memprogram mata kuliah fisika Sekolah I sebagai kelas sample sebanyak 38 orang. Hasil yang didapatkan adalah perangkat yang dikembangkan HOTS Asessment berorientasi dengan e-learning berpengaruh secara nyata dalam proses pembelajaran.
kata kunci: High Order Thinking Skill Assessment, e-learning, Fisika Sekolah I