PENGALAMAN MENGASUH ANAK DENGAN CEREBRAL PALSY YANG BERSEKOLAH DI YPAC KALIWATES KABUPATEN JEMBER
Abstract
Manusia memiliki kebutuhan dasar manusia yang harus dipenuhi agar tetap
mempertahankan kehidupannya. Secara normal manusia dapat memenuhi kebutuhan
dasar manusia, namun ada beberapa kondisi yang menyebabkan manusia tidak dapat
memenuhi kebutuhan tersebut. Anak cerebral palsy merupakan salah satu individu
yang belum bisa memenuhi kebutuhan dasar manusia secara mandiri. Ketergantungan
tersebut dapat berlangsung singkat atau seumur hidup sampai anak cerebral palsy
dapat beradaptasi dengan hambatan fisiknya guna memenuhi kebutuhan dasar
manusia. Pengasuh berperan penting dalam pemenuhan kebutuhan dasar manusia dan
perkembangan kemandiran anak cerebral palsy. Tujuan penelitian adalah
mengidentifikasi riwayat kelahiran anak, riwayat kesehatan anak cerebral palsy, dan
mengidentifikasi pengasuhannya. Hasil penelitian diharapkan dapat dimanfaatkan
untuk meningkatkan pengetahuan mengenai pengasuhan anak cerebral palsy.
Metodologi penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif fenomenologi
deskriptif. Saturasi data dicapai pada partisipan kelima. Penelitian dilakukan di
tempat yang disepakati oleh partisipan untuk menjaga sifat alamiah dari penelitian.
Pengumpulan data dilakukan peneliti dengan melakukan wawancara mendalam
menggunakan petunjuk umum wawancara dan direkam dengan voice recorder. Hasil
rekaman didengarkan secara berulang dan ditulis menjadi transkrip. Analisis data
yang peneliti gunakan menggunakan analisis Collaizi yang memiliki enam tahap,
antaralain; 1) membuat transkrip, 2) membaca transkrip, 3) membuat kategorisasi
pernyataan, 4) menentukan kategori-kategori pernyataan menjadi pernyataan
bermakna, 5) mengelompokkan tema-tema sejenis, dan 6) mendeskripsikan tema.
Hasil penelitian didapatkan delapan tema yang menggambarkan pengasuhan
anak cerebral palsy. Riwayat kelahiran anak digambarkan dengan dua tema yaitu,
kelaianan yang dirasakan saat kehamilan dan kondisi bayi saat dilahirkan, riwayat
kesehatan anak digambarkan oleh tiga tema yaitu pertumbuhan anak cerebral palsy,
perkembangan anak cerebral palsy, dan masalah yang sering terjadi pada anak
cerebral palsy, pengasuhan anak cerebral palsy digambarkan oleh tiga tema yaitu
perawatan diri anak, stimulasi perkembangan anak, dan terapi yang dilakukan.
Pengasuhan anak cerebral palsy dilakukan dengan memberikan latihan kemandirian
pada anak cerebral palsy agar anak mengusahakan kemandirian dalam memenuhi
kebutuhan dasar manusianya.
Collections
- MT-Mathematic [100]