• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    STUDI EVALUASI DRAINASE JALAN LETJEND SUPRAPTO – JALAN BASUKI RAHMAT SUMBERSARI JEMBER MENGGUNAKAN SOFTWARE SWMM

    Thumbnail
    View/Open
    Yohana Kristanti - 111910301039_1.pdf (2.098Mb)
    Date
    2015-04-21
    Author
    Yohana Kristanti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Banjir menjadi masalah rutin yang selalu dialami daerah perkotaan. Setiap musim penghujan tiba, daerah perkotaan selalu terjadi genangan bahkan banjir. Genangan ini mengakibatkan kerugian yang sangat besar baik materiil maupun non materiil. Seringkali permasalahan adanya genangan bahkan banjir diperkotaan dipicu oleh berubahnya tata guna lahan akibat pertambahan penduduk yang semakin padat sehingga menyebabkan air tidak dapat meresap. Selain itu berdampak terhadap meningkatnya produksi sampah sehingga menimbulkan kebiasaan membuang sampah sembarangan ke saluran drainase. Adanya genangan juga dipicu oleh terlalu tinggi, lamanya intensitas hujan sehingga mengakibatkan tampungan drainase meluap serta kapasitas tampungan drainase kurang memadai. Setiap musim penghujan jalan Letjend Suprapto – jalan Basuki Rahmat selalu tergenangi air bahkan terjadi banjir sehingga mengakibatkan kemacetan arus lalu lintas. Dengan adanya permasalahan ini, maka perlu dilakukan studi evaluasi drainase jalan terbut yang mampu mengatasi genangan sehingga jalan tersebut dapat berfungsi sebagai mana mestinya. Proses evaluasi ini dilakukan dengan menggunakan metode analisis hidrologi untuk menentukan kala ulang serta analisis hidrolika untuk mengetahui kapasitas tampungan saluran drainase. Analisis hidrolika tersebut menggunakan persamaan manning untuk conduit dalam pemodelan SWMM. Dari evaluasi menggunakan software SWMM, terdapat beberapa titik genangan pada kala ulang 1, 2, 5 dan 10 tahun. Pada kala ulang 1 tahun terdapat 4 node lokasi yang mengalami banjir dengan debit terbesar sebesar 1,177 m viii 3 /s. Pada kala ulang 2 tahun terdapat 14 node lokasi yang mengalami banjir dengan debit terbesar sebesar 1,459 m 3 /s. Pada kala ulang 5 tahun terdapat 16 node lokasi yang mengalami banjir dengan debit terbesar sebesar 1,509 m 3 /s. Sedangkan pada kala ulang 10 tahun terdapat 17 node lokasi yang mengalami banjir dengan debit terbesar sebesar 1,531 m 3 /s. Upaya dalam mengatasi genangan (banjir) yang terjadi perlu dilakukan perencanaan ulang saluran drainase pada jalan tersebut. Dengan adanya perencanaan ulang saluran akan memberi keuntungan bagi masyarakat sekitar dan menjadikan jalan tersebut bebas dari kemacetan akibat genangan maupun banjir yang sering terjadi setiap musim penghujan. Perencanaan ulang ini dilakukan dengan mengubah elevasi, dimensi dan bentuk saluran. Selain itu perlu pernambahan lubang inlet disekitar jalan tersebut.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/62384
    Collections
    • UT-Faculty of Engineering [4211]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository