PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INDONESIA MURID KELAS IX SMP ARGOPURO 2 KECAMATAN PANTI KABUPATEN JEMBER
Abstract
Bahasa berperan penting dalam kehidupan manusia. Dalam kehidupan
berbahasa, kosakata berperan penting baik berbahasa sebagai proses berpikir maupun
sebagai proses komunikasi dalam masyarakat. Terampil tidaknya seseorang
menggunakan bahasa, dapat diketahui dari kosakata yang dikuasainya. Semakin
banyak kosakata yang dikuasai, semakin besar kemungkinan seseorang terampil
dalam berbahasa Indonesia. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah; (1)
penguasaan jenis kosakata dalam kalimat bahasa Indonesia murid kelas IX, (2)
tingkat kesulitan penguasaan kosakata dalam kalimat bahasa Indonesia, dan (3) faktor
yang mempengaruhi penguasaan kosakata dalam kalimat bahasa Indonesia. Tujuan
dari penelitian yaitu; (1) mendeskripsikan penguasaan kosakata benda, kosakata
kerja, dan kosakata sifat dalam kalimat bahasa Indonesia, (2) mendeskripsikan tingkat
kesulitan penguasaan kosakata dalam kalimat bahasa Indonesia, dan (3)
mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi penguasaan kosakata dalam
kalimat bahasa Indonesia murid kelas IX SMP Argopuro 2, Kecamatan Panti
Kabupaten Jember.
Metode yang digunakan untuk analisis data dalam penelitian ini adalah
metode kualitatif. Pengambilan sampel dalam penelitian ini berdasarkan teknik
random sample. Teknik tersebut merupakan sampel yang digunakan peneliti jika
keadaan populasi homogen. Murid kelas IX SMP Argopuro 2 yang dijadikan sampel
sebanyak 27 murid, terdiri atas 9 murid dari kelas IX-a, 9 murid dari kelas IX-b, dan
9 murid dari kelas IX-c. Data penelitian ini berupa jawaban dari siswa yang
viii
mengubah kosakata bahasa Indonesia ke dalam kalimat bahasa Indonesia. Penyediaan
data dilakukan dengan menggunakan metode survei, yang dilakukan melalui
penyebaran kuesioner. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
analisis data kualitatif. Analisis data kualitatif digunakan untuk menganalisis data
yang tidak berupa angka yaitu berupa kata-kata atau kalimat sedangkan metode
penyajian hasil analisis data adalah metode penyajian formal dan informal.
Hasil dari penelitian dapat diperoleh nilai rata-rata penguasaan kosakata
bahasa Indonesia pada murid kelas IX SMP Argopuro 2, Kecamatan Panti Kabupaten
Jember berdasarkan status sosial orang tua berstatus sosial tinggi, status sosial
menengah, dan status sosial rendah sebagi berikut: orang tua berstatus sosial tinggi
sebesar 84 yang terrmasuk dalam kategori mampu, orang tua berstatus sosial
menengah sebesar 82 yang termasuk dalam kategori mampu, dan orang tua yang
berstatus sosial rendah sebesar 81 yang termasuk dalam kategori mampu. Jenis
penguasaan kosakata yang banyak dikuasai adalah kosakata benda, kemudian
kosakata kerja, dan kosakata sifat. Perbandingan tersebut disebabkan perbedaan sifat
yang dimiliki oleh masing-masing jenis kosakata. Faktor-faktor yang mempengaruhi
penguasaan kosakata bahasa Indonesia pada murid kelas IX SMP Argopuro 2,
kecamatan Panti kabupaten Jember, meliputi: faktor sosial orang tua, faktor fasilitas
yang tersedia di rumah, dan faktor penggunaan bahasa Indonesia di luar lingkungan
sekolah.
Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penguasaan kosakata
yang bersifat konkret lebih mudah dipahami dan lebih mudah dikuasai daripada
kosakata yang bersifat abstrak. Status sosial orang tua, fasilitas yang tersedia di
rumah, dan penggunaan bahasa di luar lingkungan sekolah juga mempunyai pengaruh
terhadap penguasaan kosakata bahasa Indonesia.