POLA PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DALAM PERSPEKTIF KURIKULUM 2013 DI PONDOK PESANTREN HIDAYATULLAH JEMBER
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pola pendidikan kewirausahaan di Pondok Pesantren Hidayatullah Jember dalam Perspektif Kurikulum 2013. Metode penentuan daerah penelitian menggunakan metode purposive area yaitu di pondok pesantren Hidayatullah Jember. Penentuan responden penelitian menggunakan metode purposive sampling. Metode yang peneliti gunakan untuk mengumpulkan data yaitu wawancara, observasi, dokumen dan angket. Analisis data pada penelitian ini antara lain dengan menelaah seluruh data, mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola pendidikan kewirausahaan di pondok pesantren Hidayatullah Jember menekankan pada praktek dari pada ke teori. Kegiatan-kegiatan kewirausahaan yang ada di pondok pesantren Hidayatullah Jember adalah usaha jahe, sengon, rental mobil, kaffah aqiqah dan catering, penjualan kue, penjualan majalah Hidayatullah, dan penjualan kalender di akhir tahun. Berdasarkan hasil rekapitulasi perhitungan angket bahwa subyek penelitian memiliki sikap berani menanggung resiko, berkemauan bekerja keras, berkeyakinan kuat atas kekuatan pribadi yang sedang dan sikap pemikiran yang kreatif dan inovatif yang sedang.