• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN CONCEPT MAPPING DISERTAI AUTHENTIC ASSESSMENT PADA POKOK BAHASAN PEMANTULAN CAHAYA DI SMP

    Thumbnail
    View/Open
    Nila Anggar Arum Sari - 100210102072100210102072_1.pdf (321.4Kb)
    Date
    2015-04-17
    Author
    Nila Anggar Arum Sari
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran Fisika dengan Concept Mapping disertai Authentic Assessment pada Pokok Bahasan Pemantulan Cahaya di SMP; Nila Anggar Arum Sari, 100210102072; 2014:52 halaman: Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Program Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember. Pentingnya penanaman konsep dalam penyusunan suatu bahan ajar sebaiknya diperhatikan penyusun, Menurut Dahar (1988) Belajar konsep merupakan hasil utama pendidikan. Untuk menggeneralisasikan suatu konsep, peta konsep dapat membantu siswa untuk mengkategorikan stimulus-stimulus menjadi suatu kelompok maupun proses. Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran Fisika dengan concept mapping disertai authentic assessment disajikan dengan cara memetakan konsep yang ada menjadi satu rangkaian informasi yang benar. Authentic assessment memonitor dan mengukur kemampuan siswa dalam beragam kemungkinan pemecahan masalah yang dihadapi dalam konteks dunia nyata. Dalam proses pembelajaran, penilaian otentik mengukur, memonitor, dan menilai semua aspek hasil belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui validitas logis Bahan Ajar Pembelajaran Fisika dengan Concept Mapping disertai Authentic Assessment pada Pokok Bahasan Pemantulan Cahaya, mengetahui aktivitas belajar siswa setelah menggunakan Bahan Ajar Pembelajaran Fisika dengan Concept Mapping disertai Authentic Assessment pada Pokok Bahasan Pemantulan Cahaya, mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan Bahan Ajar Pembelajaran Fisika dengan Concept Mapping disertai Authentic Assessment pada Pokok Bahasan Pemantulan Cahaya, dan mengetahui respon siswa setelah menggunakan Bahan Ajar Pembelajaran Fisika dengan Concept Mapping disertai Authentic Assessment pada Pokok Bahasan Pemantulan Cahaya. vii 9 Subjek penelitian diperoleh dengan metode cluster random sampling atau diambil satu kelas secara acak untuk dijadikan kelas uji pengembangan dari seluruh populasi (Iskandar, 2010:70). Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan untuk memperoleh Bahan Ajar Pembelajaran Fisika dengan Concept Mapping disertai Authentic Assessment pada Pokok Bahasan Pemantulan Cahaya di SMP. Desain pengembangan pada penelitian ini menggunakan model pengembangan perangkat pembelajaran 4-D yang meliputi tahap pendefinisian, tahap perencanaan, tahap pengembangan, dan tahap penyebaran, namun tahap penyebaran ini tidak dilakukan karena keterbatasan biaya dan waktu. Alat perolehan data yang digunakan adalah lembar validasi, lembar observasi aktivitas siswa, lembar nilai masing-masing ranah penilaian, dan angket. Metode perolehan data yang digunakan adalah validasi logic dari ahli, observasi, nilai post test dan kegiatan pembelajaran, serta angket respon belajar siswa. Untuk Validasi logic terhadap bahan ajar yang dikembangkan adalah 3,88. Aktivitas pembelajaran siswa diperoleh prosentase keaktifan klasikal sebesar 83%. Hasil belajar siswa dari rata-rata penggabungan seluruh ranah penilaian yaitu 75. Respon belajar siswa prosentase rata-rata satu kelas sebesar 84%. Dari data penelitian yang telah dianalisa dapat disimpulkan bahwa 1) Validitas dari bahan ajar yang telah dikembangkan oleh ketiga validator adalah cukup valid dan layak digunakan; 2) Aktivitas belajar siswa secara keseluruhan (klasikal) setelah pembelajaran dengan bahan ajar yang telah dikembangkan adalah sangat aktif; 3) Respon belajar siswa secara keseluruhan (klasikal) setelah pembelajaran dengan bahan ajar yang telah dikembangkan adalah sangat positif; dan 4) Hasil belajar siswa setelah pembelajaran dengan bahan ajar yang telah dikembangkan adalah tinggi.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/62302
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository