• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING DISERTAI PETA KONSEP PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI MAN

    Thumbnail
    View/Open
    Galung Angga Ramendra - 090210102001_1.pdf (93.29Kb)
    Date
    2015-04-17
    Author
    GALLUNG ANGGA RAMENDRA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Fisika merupakan disiplin ilmu yang mempelajari tentang gejala alam dan menerangkan bagaimana gejala tersebut terjadi. Fisika merupakan bagian dari Ilmu Pengetahuan Alam Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tempat penelitian ditentukan menggunakan metode purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 1 Jember. Sampel penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas terhadap populasi. Penentuan sampel penelitian menggunakan metode cluster random sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah posttest-only control design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menyelesaikan masalah 1 meggunakan analisis deskriptif dan vii untuk rumusan masalah 2 adalah dengan menggunakan Independent-Sample Ttest dengan bantuan SPSS 16. Hasil analisis deskriptif diperoleh hasil aktivitas belajar siswa dari hasil observasi dengan persentase skor rata-rata tertinggi terletak pada indikator aktivitas mendengarkan yaitu sebesar 93,73 %, Sedangkan persentase skor ratarata terendah diperoleh pada indikator aktivitas berbicara yaitu sebesar 80,99 %. Jika dikonsultasikan pada katagori tingkat aktivitas siswa dengan menggunakan model inkuiri terbimbing disertai peta konsep dapat dikatakan bahwa aktivitas belajar siswa berada dalam kategori sangat aktif karena berada pada rentang 80% sampai dengan 100 % diterima, sehingga nilai rata-rata hasil belajar fisika kelas eksperimen dan kelas kontrol berbeda secara signifikan. Dengan demikian model inkuiri terbimbing disertai peta konsep berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar Fisika siswa di MAN. viii a Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah:
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/62299
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository