• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JURISPRUDENSIAL INQUIRY DISERTAI MEDIA AUDIO VISUAL PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA

    Thumbnail
    View/Open
    Aulia Sulistyaningsih - 100210102047_1.pdf (1.040Mb)
    Date
    2015-04-17
    Author
    AULIA SULISTYANINGRUM
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Fisika merupakan bagian dari Ilmu Pengetahuan Alam yang menguraikan dan menganalisis struktur dari peristiwa-peristiwa di alam, teknik dan lingkungan berdasarkan hubungan sebab akibat yang pada akhirnya muncul kaidah-kaidah atau hukum-hukum dalam fisika. Seorang pengajar fisika seharusnya tahu apa yang dapat diserap dan dipahami oleh siswa, dengan kata lain guru harus menguasai materi atau bahan fisika sekaligus menguasai pendekatan, strategi, media yang digunakan atau model pembelajaran yang relevan dan dapat membangkitkan minat siswa untuk belajar fisika. Salah satu kemasan pembelajaran yang dipandang efektif untuk meningkatkan kegiatan proses belajar mengajar dalam mengatasi pembelajaran yang kurang memberi tekanan pada proses adalah model pembelajaran jurisprudensial inquiry yang dipadukan dengan media audiovisual. Media audiovisual merupakan gabungan media visual (gambar) dan media audio (suara). Media visual mampu memperlancar pemahaman dan minat belajar siswa serta memperkuat ingatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mendeskripsikan aktivitas belajar fisika siswa melalui model pembelajaran Jurisprudensial inquiry disertai media Audio Visual. (2) Mengkaji perbedaan hasil belajar fisika siswa melalui model pembelajaran Jurisprudensial inquiry disertai media Audio Visual dengan model yang digunakan di sekolah. Jenis Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang dilaksanakan di SMA Negeri Kalisat. Responden penelitian ditentukan setelah uji homogenitas, dimana jumlah populasi kelas XMIPA sebanyak 4 kelas dan diambil 2 kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penentuan sampel penelitian dengan cluster random sampling. Desain penelitian menggunakan Control group post-test vii Only design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi, dokumentasi dan tes. Sumber data berasal dari penilaian oleh peneliti, penilaian observer, dan post-test. Analisa data menggunakan Independent Samples T-test pada software SPSS 16 untuk menjawab rumusan masalah yang kedua. Hasil penelitian dan analisa data uji hipotesis penelitian 1 menunjukkan bahwa hasil pengujian Independent Samples T-test pada software SPSS 16 diperoleh Sig. (2-tailed) sebesar 0,017 atau  0,05. Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Persentase keaktifan siswa rata-rata sebesar 80,64% yang tergolong dalam kriteria aktif. Sesuai dengan hal tersebut, aktivitas siswa dalam pembelajaran berpengaruh terhadap hasil belajar yang didapat sehingga dengan aktivitas yang baik, maka hasil belajar yang diperoleh juga baik. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Aktivitas belajar siswa selama mengikuti pembelajaran fisika menggunakan menggunakan model pembelajaran Jurisprudensial inquiry disertai media Audio Visual pada SMA Negeri Kalisat tahun ajaran 2014/2015 tergolong dalam kriteria aktif dengan rata-rata 80,64%. (2) Ada perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa dalam pembelajaran fisika menggunakan model pembelajaran Jurisprudensial inquiry disertai media Audio Visual dengan Model yang biasa digunakan oleh guru pada SMA Negeri Kalisat tahun ajaran 2014/2015.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/62294
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository