• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DENGAN MENGGUNAKAN METODE SOSIODRAMA PADA PELAJARAN IPS MATERI MASALAH SOSIAL DI SDN KEPATIHAN 01 JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    SRI UMI RAHAYU - 100210204074_1.pdf (211.7Kb)
    Date
    2015-04-09
    Author
    Sri Umi Rahayu
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran IPS seharusnya menjadi pembelajaran yang menyenangkan untuk dipelajari siswa karena konsep yang disajikan adalah tentang kehidupan sehari-hari, akan tetapi berdasarkan hasil observasi dan wawancara di SDN Kepatihan 01 diketahui guru dalam melaksanakan pembelajaran tidak menggunakan metode pembelajaran yang inovatif sehingga membuat suasana belajar menjadi pasif. Ciri pembelajaran yang berhasil salah satunya dapat dilihat dari proses kegiatan siswa dalam belajar, semakin tinggi kegiatan belajar siswa, semakin tinggi peluang berhasilnya pembelajaran. Adapun alternatif yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran di SDN Kepatihan 01 yaitu dengan penggunaan metode sosiodrama. Penggunaan metode sosiodrama dalam pembelajaran IPS dapat memotivasi siswa untuk memecahkan masalah dengan bantuan kelompok. Aktivitas belajar siswa diharapkan dapat meningkat karena siswa ikut terlibat langsung dalam mensosiodramakan materi dan memahami konsep yang dipelajari sehingga membuat siswa senang dalam belajar. Pembelajaran dengan metode sosiodrama siswa dapat bermain sambil belajar sehingga materi pembelajaran dapat bertahan lama dalam ingatan siswa sehingga memberikan pengalaman menyenangkan dan sulit untuk dilupakan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IVA dengan menggunakan metode sosiodrama pada mata pelajaran IPS materi masalah sosial di SDN Kepatihan 01 Jember semester II tahun pelajaran 2013/2014. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IVA dengan menggunakan metode sosiodrama pada pelajaran IPS materi masalah sosial di SDN Kepatihan 01 Jember semester II tahun pelajaran 2013/2014. viii Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kepatihan 01 Jember dengan Subyek penelitian adalah seluruh siswa kelas IVA SDN Kepatihan 01 Jember semester II tahun pelajaran 2013/2014, dengan jumlah 41 siswa yang terdiri dari 14 laki-laki dan 27 perempuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan ini menggunakan model siklus Kemmis & Mc. Taggart. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dalam pelaksanaan siklus menujukkan aktivitas dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Sebelum dilaksanakannya tindakan presentase aktivitas belajar siswa secara klasikal pada pra siklus adalah 55,73% dengan kategori cukup aktif meningkat menjadi 76,72% dengan kategori aktif dan 88,10% dengan kategori sangat aktif. Peningkatan aktivitas belajar siswa dari pra siklus ke siklus I sebesar 20,99% sedangkan peningkatan aktivitas belajar dari siklus I ke siklus II sebesar 11,38%. Peningkatan hasil belajar siswa secara klasikal pada pra siklus adalah 51,21% dengan kategori kurang baik mengalami peningkatan dengan presentase 78,04% dengan kategori baik menjadi 87,80% dengan kategori sangat baik. Peningkatan hasil belajar siswa dari pra siklus ke siklus I sebesar 26,83 % sedangkan peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 9,76%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penggunaan metode sosiodrama dapat meningkatkan aktivitias dan hasil belajar siswa kelas IVA pada mata pelajaran IPS materi masalah sosial di SDN Kepatihan 01 Jember. Penggunaan metode sosiodrama dapat membantu guru dalam membangkitkan semangat belajar siswa, agar siswa lebih tertarik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran dikelas. Penggunaan metode sosiodrama diharapkan tidak hanya digunakan dalam pembelajaran IPS saja, tetapi pada pelajaran lain dengan materi yang disesuaikan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/62252
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15469]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository