• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ENGARUH PENGGUNAAN VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA SUBTEMA PEKERJAAN ORANG TUAKU DI SD NEGERI SUKOWONO 01 TAHUN AJARAN 2014/2015

    Thumbnail
    View/Open
    Izmy Ayu Safitri - 110210204069_1.pdf (185.7Kb)
    Date
    2015-04-09
    Author
    Izmy Ayu Safitri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pada setiap proses pembelajaran menuntut siswa lebih banyak melaksanakan kegiatan belajar, namun guru juga dituntut untuk kreatif dalam mengaktualisasikan kompetensinya terutama untuk mengidentifikasi, menyeleksi dan menentukan hal-hal yang dibutuhkan untuk menunjang kegiatan belajar mengajar. Media video merupakan media yang dibutuhkan untuk menunjang kegiatan belajar yang merupakan gambar bergerak. Media video diharapkan dapat menjadi media yang sangat membantu dalam proses pembelajaran dan dapat memberikan hasil belajar yang maksimal. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji adanya pengaruh yang signifikan penggunaan video terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada subtema pekerjaan orang tuaku. Penelitian ini dilakukan di SDN Sukowono 01 dengan menggunakan jenis penelitian eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IVA dan IVB SDN Sukowono 01. Sebelum menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol, maka dilakukan uji homogenitas terhadap populasi. Hasil perhitungan uji homogenitas menunjukkan harga hitung =1,093, kemudian harga tersebut dibandingkan dengan harga dengan =1 dan =65 pada taraf signifikansi 5%. Nilai dengan =65 adalah hitung 1,998. Hasil tersebut membuktikan bahwa viii hitung < l yang berarti kemampuan awal siswa sebelum diberi perlakuan adalah homogen. Selanjutnya dilakukan undian untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol, didapatkan kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes yang merupakan metode utama dalam penelitian ini. Skor tes kognitif siswa berupa nilai hasil pre-test dan post-test yang dianalisis dengan menggunakan rumus uji-t. Pengujian hipotesis jika t hitung <t maka H0 diterima. Hasil perhitungan dengan rumus uji-t diperoleh t hitung tabel =7,8, harga ini kemudian dibandingkan dengan dengan db=65 pada taraf signifikansi 5% sehingga diperoleh =1,998. Diperoleh t hitung > l Berdasarkan hasil analisis tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan video terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada subtema pekerjaan orang tuaku di SD Negeri Sukowono 01 tahun ajaran 2014/2015. Video ini diharapkan dapat dijadikan alternatif media dalam pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi pekerjaan orang tuaku dan untuk memberikan pengalaman konkret bagi hal yang sulit diamati secara langsung. Selain itu, dapat dilakukan penelitian lebih lanjut tentang penggunaan video dengan menambahkan variabel penelitian.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/62250
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository