ENGARUH PENGGUNAAN VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA SUBTEMA PEKERJAAN ORANG TUAKU DI SD NEGERI SUKOWONO 01 TAHUN AJARAN 2014/2015
Abstract
Pada setiap proses pembelajaran menuntut siswa lebih banyak melaksanakan
kegiatan belajar, namun guru juga dituntut untuk kreatif dalam mengaktualisasikan
kompetensinya terutama untuk mengidentifikasi, menyeleksi dan menentukan hal-hal
yang dibutuhkan untuk menunjang kegiatan belajar mengajar. Media video
merupakan media yang dibutuhkan untuk menunjang kegiatan belajar yang
merupakan gambar bergerak. Media video diharapkan dapat menjadi media yang
sangat membantu dalam proses pembelajaran dan dapat memberikan hasil belajar
yang maksimal. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji
adanya pengaruh yang signifikan penggunaan video terhadap hasil belajar siswa kelas
IV pada subtema pekerjaan orang tuaku. Penelitian ini dilakukan di SDN
Sukowono 01 dengan menggunakan jenis penelitian eksperimen. Populasi pada
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IVA dan IVB SDN Sukowono 01. Sebelum
menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol, maka dilakukan uji homogenitas
terhadap populasi. Hasil perhitungan uji homogenitas menunjukkan harga
hitung
=1,093, kemudian harga
tersebut dibandingkan dengan harga dengan
=1 dan =65 pada taraf signifikansi 5%. Nilai dengan =65 adalah
hitung
1,998. Hasil tersebut membuktikan bahwa
viii
hitung
<
l
yang berarti kemampuan awal
siswa sebelum diberi perlakuan adalah homogen. Selanjutnya dilakukan undian untuk
menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol, didapatkan kelas IVA sebagai kelas
eksperimen dan kelas IVB sebagai kelas kontrol.
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes yang merupakan
metode utama dalam penelitian ini. Skor tes kognitif siswa berupa nilai hasil pre-test
dan post-test yang dianalisis dengan menggunakan rumus uji-t.
Pengujian hipotesis jika t
hitung
<t
maka H0 diterima. Hasil perhitungan
dengan rumus uji-t diperoleh t
hitung
tabel
=7,8, harga ini kemudian dibandingkan dengan
dengan db=65 pada taraf signifikansi 5% sehingga diperoleh =1,998.
Diperoleh t
hitung
>
l
Berdasarkan hasil analisis tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa ada
pengaruh yang signifikan penggunaan video terhadap hasil belajar siswa kelas IV
pada subtema pekerjaan orang tuaku di SD Negeri Sukowono 01 tahun ajaran
2014/2015. Video ini diharapkan dapat dijadikan alternatif media dalam
pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi pekerjaan orang
tuaku dan untuk memberikan pengalaman konkret bagi hal yang sulit diamati secara
langsung. Selain itu, dapat dilakukan penelitian lebih lanjut tentang penggunaan
video dengan menambahkan variabel penelitian.