PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MELALUI PENDEKATAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN MENGENAL PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PRODUKSI, KOMUNIKASI, DAN TRANSPORTASI DI SDN SUMBERLESUNG 04 JEMBER
Abstract
Salah satu faktor yang menjadi penyebab rendahnya aktivitas dan hasil
belajar siswa khususnya pada pelajaran IPS adalah metode pembelajaran yang
diterapkan guru dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Berdasarkan hasil observasi
awal di SDN Sumberlesung 04 Jember, diketahui bahwa guru hanya menggunakan
metode ceramah, tanya jawab dan penugasan dalam kegiatan pembelajaran. Hal ini
mengakibatkan kurangnya pemahaman siswa terhadap konsep IPS yang diajarkan,
yang terlihat dari rendahnya nilai hasil belajar siswa. Mengatasi rendahnya aktivitas
dan hasil belajar siswa, diperlukan suatu pendekatan yang dapat meningkatkan
aktivitas dan hasil belajar siswa khususnya pada pelajaran IPS. Salah satunya ialah
dengan menerapkan pendekatan sains teknologi masyarakat dalam pembelajaran.
Penggunaan pendekatan sains teknologi masyarakat ini siswa dapat lebih aktif
dalam kegiatan pembelajaran, karena pendekatan ini dapat menghubungkan materi
yang dibahas di dalam kelas dengan situasi nyata di luar kelas yang berkaitan
dengan perkembangan teknologi serta situasi sosial kemasyarakatan, sehingga
siswa akan lebih mudah dalam memahami konsep dari materi yang dipelajari.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah meningkatkan
aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV melalui pendekatan sains teknologi
masyarakat pada pembelajaran IPS pokok bahasan mengenal perkembangan
teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi di SDN Sumberlesung 04 Jember.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan sains
teknologi masyarakat dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas
ix
IV pada pembelajaran IPS pokok bahasan mengenal perkembangan teknologi
produksi, komunikasi, dan transportasi di SDN Sumberlesung 04 Jember.
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sumberlesung 04 dengan subjek
penelitian seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 26 siswa yang terdiri atas 16 siswa
laki-laki dan 10 siswa perempuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah
Penelitian Tindakan Kelas
Pelaksanaan penerapan pendekatan sains teknologi masyarakat dalam
pembelajaran IPS pokok bahasan mengenal perkembangan teknologi produksi,
komunikasi, dan transportasi pada siswa kelas IV SDN Sumberlesung 04 berjalan
lancar dan sesuai rencana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil
belajar siswa mengalami peningkatan. Sebelum tindakan skor rata-rata aktivitas
belajar siswa 34,23% dengan kategori kurang aktif, pada siklus I mengalami
peningkatan sehingga menjadi 64,36% dengan kategori aktif. Pada siklus II,
aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan sehingga menjadi 75,19% dengan
kategori aktif. Skor rata-rata hasil belajar pada prasiklus sebesar 55,08 dengan
kategori kurang, meningkat pada siklus I menjadi 59,62 dengan kategori cukup.
Siklus II juga mengalami peningkatan skor rata-rata hasil belajar menjadi 70,08
dengan kategori baik.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan pendekatan sains
teknologi masyarakat dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV
mata pelajaran IPS pokok bahasan mengenal perkembangan teknologi produksi,
komunikasi, dan transportasi di SDN Sumberlesung 04 Jember. Saran dari
penelitian ini adalah untuk guru SD yang mempunyai permasalahan mengenai
aktivitas dan hasil belajar siswa dapat menggunakan pendekatan pembelajaran sains
teknologi masyarakat sebagai alternatif pemilihan pendekatan pembelajaran. Saran
untuk peneliti yang lain, jika melaksanakan PTK harap dilakukan dengan benarbenar
mengamati segala indikator aktivitas belajar yang ditunjukkan oleh siswa
sesuai dengan pedoman yang telah dibuat.