• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PERSEPSI MASYARAKAT TENTANG IMPLEMENTASI JAMINAN KESEHATAN NASIONAL DI RS SOEBANDI JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Heni Wiji Arista - 110810201146_1.pdf (354.0Kb)
    Date
    2015-04-02
    Author
    Heni Wiji Arista
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) merupakan program pelayanan kesehatan terbaru yang sistemnya menggunakan sistem asuransi. Artinya, seluruh warga Indonesia nantinya wajib menyisihkan sebagian kecil uangnya untuk jaminan kesehatan di masa depan. Namun, untuk semua rakyat miskin atau PBI (Penerima Bantuan Iuran) ditanggung kesehatannya oleh pemerintah. Tujuan program ini dilaksanakan yaitu untuk mempermudah masyarakat mendapatkan layanan kesehatan baik bagi masyarakat mampu dan masyarakat yang tergolong dalam fakir miskin. Praktek di lapangan untuk program JKN tidak selalu sesuai dengan harapan masyarakat, ada juga beberapa kendala atau masalah yang masyarakat hadapi ketika akan mendapatkan layanan kesehatan di rumah sakit ketika menggunakan kartu JKN. Namun, tidak jarang masyarakat yang juga mengalami kemudahan ketika berobat di RS. Soebandi Jember. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memahami tentang persepsi masyarakat terhadap implementasi Jaminan Kesehatan Nasional di PT. ASKES Kabupaten Jember dan persepsi masyarakat mengenai kualitas layanan kesehatan di RS Soebandi Jember. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang berupaya memandang apa yang sedang terjadi dalam dunia tersebut dan meletakkan temuan-temuan yang diperoleh di dalamnya (Bungin, 2003:82). Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yaitu berupa jawaban langsung dari informan yang berjumlah 13 informan. Selain data primer, penelitian ini menggunakan data sekunder yaitu data yang diperoleh dari sumber tertulis. Data sekunder menyangkut data mengenai jumlah masyarakat yang mendaftar menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional dan jumlah pasien yang berkunjung di RS Soebandi Kabupaten Jember. Metode analisis data menggunakan metode deskriptif yang merupakan proses penggambaran atau pemotretan kondisi penelitian. Teknik analisis data dibagi menjadi empat tahap yaitu pengumpulan data (data collection), reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (conclusion). Hasil wawancara yang dilakukan dengan 13 informan bahwa persepsi masyarakat tentang implementasi JKN di PT. ASKES Kabupaten Jember yang mencakup akses informasi, proses pendaftaran, kulitas layanan, proses pembayaran dan biaya yang harus dibayarkan setiap bulannya sudah baik. Namun hasil wawancara mengenai persepsi masyarakat jember tentang kualitas layanan di RS. Soebandi menghasilkan berbagai jawaban yang sebagian menyatakan bahwa pelayanan yang diberikan sudah baik. Namun, masih ada beberapa yang mengeluhkan tentang pelayanannya. Kualitas layanan yang ada dalam penelitian ini mencakup dua aspek yakni mengenai proses pendaftaran dan layanan yang diberikan kepada para pasien. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan pada bab 4, maka dapat disimpulkan bahwa persepsi masyarakat Jember tentang implementasi Jaminan Kesehatan Nasional adalah informasi mengenai Jaminan Kesehatan Nasional vii ix mudah diperoleh, proses pendaftarannya mudah, layanan yang diberikan petugas PT. ASKES memuaskan, proses pembayaran iuran per bulannya mudah, dan iuran yang harus dibayarkan juga ringan sedangkan persepsi masyarakat Jember tentang kualitas layanan di RS. Soebandi Jember, 4 dari 13 responden menyatakan bahwa pelayanan di RS Soebandi masih kurang maksimal karena lamanya proses lamanya pelayanan dari petugas di bagian pendaftaran sehingga pasien tidak cepat ditangani. Selain itu juga karena rumitnya administrasi yang harus dilengkapi yakni formulir yang membutuhkan tanda tangan di departemen yang dibutuhkan dan lalainya dari pihak dokter ketika selesai mengoperasi pasien. Namun, sisanya yakni 9 informan menyatakan bahwa pelayanan yang diberikan oleh pihak rumah sakit sudah baik karena pihak dokter dan perawat berjaga selama 24 jam dan untuk proses administrasinya juga mudah. Selain itu fasilitas yang ada juda telah mempermudah pasien maupun anggota pasien.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/62142
    Collections
    • UT-Faculty of Economic and Business [12397]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository