PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS KONSUMEN BPJS KESEHATAN JEMBER
Abstract
Untuk memenuhi target pemerintah bahwa seluruh masyarakat akan
dijamin oleh BPJS Kesehatan, maka BPJS melalui program-programnya perlu
memperoleh kepercayaan masyarakat dengan jaminan kualitas
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh kualitas layanan
terhadap kepuasaan konsumen BPJS Kesehatan Jember, menguji pengaruh
kualitas layanan terhadap loyalitas konsumen BPJS Kesehatan Jember dan
menguji pengaruh kepuasan konsumen terhadap loyalitas konsumen BPJS
Kesehatan Jember. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen BPJS
Kesehatan di BPJS Jember. Ukuran sampel menurut Sugiyono
1
ix
2
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan
didepan, maka kesimpulan didalam penelitian ini adalah sebagai berikutL a
merasa puas karena sistem layanan yang diberikan oleh BPJS dan kemudahan
kecepatan informasi yang diberikan BPJS, maka akan membuat responden tetap
menggunakan BPJS walaupun ada tawaran dari asuransi kesehatan lainnya,
merekomendasikan orang lain untuk menggunakan BPJS dan menceritakan halhal
positif
mengenai
BPJS.