dc.description.abstract | Hubungan antara Kualitas Pelayanan dengan Kepuasan Pasien Terhadap
Pelayanan di RSIA Srikandi IBI Jember; Anggi Reny Sudibyo; 122110101220; 93
halaman; Bagian Administrasi dan Kebijakan Kesehatan Fakultas Kesehatan
Masyarakat Universitas Jember
Kepuasan pelanggan merupakan salah satu aspek yang dipengaruhi oleh
kualitas pelayanan. Mutu atau kualitas pelayanan merupakan tingkat kesempurnaan
pelayanan kesehatan yang memuaskan pelanggan yang diberikan sesuai dengan
standard dan etika profesi. Salah satu cara untuk mengetahui mutu atau kualitas
pelayanan dan kepuasan pasien di rumah sakit yaitu menggunakan indikator Standar
Pelayanan Minimal
Rendahnya tingkat kepuasan yang dapat dipengaruhi oleh beberapa hal, salah satunya
yaitu kualitas pelayanan yang dapat dilihat dari pencapaian SPM yang belum
memenuhi standar. Pencapaian SPM pada pelayanan rawat inap tahun 2012 sebesar
72,73% dan tahun 2013 sebesar 72,73%, sedangkan pada pelayanan rawat jalan tahun
2012 sebesar 57,14% dan tahun 2013 sebesar 57,14%. Tujuan penelitian ini adalah
menganalisis hubungan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien terhadap
pelayanan di RSIA Srikandi IBI Jember.
Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan pendekatan cross
sectional. Penelitian ini bertempat di ruang rawat inap dan rawat jalan RSIA Srikandi
IBI Jember pada bulan September 2014. Sampel penelitian ini sebanyak 89
ix
responden, pengambilan sampel menggunakan teknik systematic random sampling.
Data hasil penelitian selanjutnya dianalisis menggunakan uji korelasi Spearman Rank
dengan tingkat signifikansi α = 0,05.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 89 responden penelitian, sebagian
besar responden | en_US |