PENGARUH KUALITAS JASA DAN KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP REKOMENDASI DARI MULUT KE MULUT PADA TAMAN REKREASI BOTANI SUKORAMBI JEMBER
Abstract
Perkembangan pariwisata di Indonesia terus meningkat seiring dengan
berjalannya waktu, banyaknya pariwisata yang di kelola oleh swasta termasuk Taman
rekreasi Botani Sukorambi Jember akan meningkatkan persaingan, untuk meningkatkan
daya saing dalam industrinya diperlukan kualitas jasa yang mengarah pada tercapainya
kepuasan dan loyalitas konsumen yang mengarah kepada terciptanya suatu rekomendasi
dari konsumen pemakai jasa kepada orang lain. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan
untuk mengetahui pengaruh kualitas jasa yang dibentuk oleh dimensi-dimensi kualitas
jasa tersebut terhadap kepuasan konsumen atau pengunjung, dan rekomendasi dari
mulut ke mulut.
Subjek penelitian adalah pengunjung Taman Rekreasi Botani Sukorambi
Jember, dengan sampel sebanyak 150 orang. Penentuan sampel menggunakan metode
purposive sampling. Data dianalisis dengan menggunakan teknik SEM (Structural
Equation Modelling) dengan program Amos 20. Hasil dari penelitian menunjukan
bahwa pengaruh delapan dimensi (performace, features,reliability, Comformance to
specification , durability , serviceability, aesthetics, perceived quality ) kualitas jasa
berpengaruh segnifikan terhadap kepuasan konsumen dan rekomendasi dari mulut ke
mulut ,kecuali aesthetics berpengaruh tidak signifikan terhadap rekomendasi dari mulut
ke mulut karena dari pengujian lewat kuisioner nilainya paling rendah sehingga
hipotesis empat belas di tolak, sedangkan yang paling dominan futures berpengaruh
signifikan terhadap kepuasan konsumen hipotesis ke dua
Collections
- MT-Management [539]