PENGGUNAAN MULTIMEDIA (CD INTERAKTIF) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS
Abstract
Pembangunan karakter bangsa (the nation character building) tidak akan
terlepas dari ”pendidikan”, karena pendidikan merupakan suatu tolok ukur kemajuan
suatu bangsa dalam berbagai bidang, seperti bidang ekonomi, politik, science atau
teknologi. Selain itu, pendidikan dapat membangun kepribadian suatu bangsa yang
intelek serta mampu bersaing di era globalisasi. Keberhasilan dunia ”pendidikan”
dapat memberikan dampak positif dalam pembentukan individu maupun karakter
bangsa.
Untuk mencapai tujuan pendidikan nasional hendaknya siswa dan guru
bekerjasama. Dalam suatu interaksi belajar mengajar, guru memberikan informasi
tentang sasaran belajar. Sedangkan bagi siswa, sasaran belajar tersebut merupakan
tujuan belajarnya. Belajar merupakan kegiatan aktif siswa dalam membangun makna
atau pemahaman terhadap suatu konsep, sehingga dalam proses pembelajaran siswa
merupakan sentral kegiatan atau tokoh utama, sedangkan guru hanya membantu
menciptakan suasana yang dapat mendorong timbulnya motivasi belajar pada siswa.
Akan tetapi, rendahnya daya tarik terhadap pelajaran IPS menyebabkan siswa
menjadi sulit untuk memahami dengan benar materi yang disampaikan oleh guru.
Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penggunaan
multimedia (CD Interaktif) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa
kelas V SD Negeri 2 Karangsari Sempu pada pokok bahasan jenis-jenis usaha dan
kegiatan ekonomi di Indonesia kelas V semester ganjil tahun ajaran 2009/