Show simple item record

dc.contributor.authorYuli Dwi Astutik
dc.date.accessioned2013-12-08T04:37:27Z
dc.date.available2013-12-08T04:37:27Z
dc.date.issued2013-12-08
dc.identifier.nimNIM070210204116
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6191
dc.description.abstractKegiatan pembelajaran IPA di kelas V SDN Sukorambi 04 masih menggunakan metode pembelajaran konvensional, yaitu ceramah, tanya-jawab yang pertanyaannya kurang dapat melatih siswa untuk berpikir kritis, dan penugasan yang cenderung monoton. Pembelajaran masih didominasi oleh guru dimana siswa kurang dilibatkan secara aktif dalam pembelajaran, sehingga hanya terdapat beberapa siswa yang berani mengajukan ataupun menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru. Dari metode pembelajaran yang digunakan tersebut, diketahui minat dan hasil belajar siswa masih sangat rendah. Untuk itu, diperlukan metode pembelajaran yang berguna untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa terhadap pelajaran IPA secara optimal yaitu dengan menggunakan metode Word Square dan Talking Stick. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan metode Word Square dan Talking Stick dalam pembelajaran IPA pokok bahasan daur air yang dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas V SDN Sukorambi 04? dan bagaimanakah penerapan metode Word Square dan Talking Stick dalam pembelajaran IPA pokok bahasan daur air yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Sukorambi 04? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas V SDN Sukorambi 04 dengan menggunakan metode Word Square dan Talking Stick pada pembelajaran IPA pokok bahasan daur air. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN Sukorambi 04 Jember pada bulan Mei sampai bulan Juni tahun ajaran 2010/2011, dengan jumlah siswa sebanyak 32 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model penelitian versi ix Kemmis & Mc Taggart, dimana penelitian tindakan yang dilaksanakan berupa proses pengkajian dasar yang terdiri dari empat tahap. Pelaksanaan terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Masing-masing terdiri dari empat langkah utama yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210204116;
dc.subjectMETODE WORD SQUARE DAN TALKING STICK, MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR IPAen_US
dc.titlePENGGUNAAN METODE WORD SQUARE DAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN DAUR AIR PADA SISWA KELAS V SDN SUKORAMBI 04 JEMBER TAHUN AJARAN 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record