Show simple item record

dc.contributor.authorTRI MULYATI
dc.date.accessioned2013-12-08T04:29:13Z
dc.date.available2013-12-08T04:29:13Z
dc.date.issued2013-12-08
dc.identifier.nimNIM080210204313
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6183
dc.description.abstractMenulis adalah mengemukakan atau melukiskan lambang-lambang grafik yang menggambarkan suatu bahasa yang dipahami oleh seseorang, sehingga orang lain dapat membaca lambang-lambang grafik tersebut kalau mereka memahami bahasa dan grafik itu. Berdasarkan observasi awal di SD Negeri Bintoro 01 Jember, menunjukkan ada permasalahan dalam pembelajaran menulis laporan pengamatan. Permasalahan tersebut di antaranya adalah 1) Kemampuan siswa dalam menulis laporan pengamatan masih rendah, hal ini di karenakan kurangnya minat siswa dalam belajar Bahasa indonesia. 2) Metode yang digunakan guru kurang bervariasi. 3) Media yang digunakan kurang menarik perhatian siswa. Dengan penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning dapat menimbulkan kondisi belajar yang menyenangkan, meningkatkan keterampilan sosial dan membantu siswa dalam memahami materi menulis laporan pengamatan, sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Rumusan masalah penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah proses penerapan pendekatan pembelajaran contextual teaching and learning yang dapat meningkatan keterampilan menulis laporan pengamatan dengan pada siswa kelas VI SDN Bintoro 01 Jember; (2) bagaimanakah aktivitas siswa kelas VI SDN Bintoro 01 dalam di terapkannya pendekatan pembelajaran contextual teaching and learning; (3) bagaimanakah hasil belajar siswa kelas VI SDN Bintoro 01 dalam menggunakan pendekatan pendekatan pembelajaran contextual teaching and ix learning. Tujuan penelitian ini adalah : (1) mendeskripsikan penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning yang dapat meningkatkan kemampuan menulis laporan pengamatan siswa kelas VI, (2) mendeskripsikan aktivitas belajar siswa kelas VI dengan di terapkannya Pendekatan Contextual Teaching ang Learning, (3) mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas VI dalam menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri Bintoro 01 Jember kelas VI yang terdiri atas 24 siswa, 10 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas sebanyak dua siklus. Teknik pengumpulan data dengan observasi, tes, dan wawancara. Hasil penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan aktivitas dan hasil belajar pada materi menulis laporan pengamatan dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning dapat menciptakan suasana pembelajaran yang aktif, menarik minat siswa untuk belajar, menumbuhkan kemampuan siswa dalam berinteraksi. Analisis data aktivitas siswa adalah Aktivitas siswa setelah mengikuti pembelajaran secara klasikal untuk tiap-tiap pertemuan mengalami peningkatan. Pada siklus I pertemuan I, aktivitas siswa mencapai 73%, pertemuan II 72%. Siklus II pertemuan I 76%, pertemuan II 78%. Pada Hasil Belajar siswa siklus 1 mencapai 83,33%, terdapat 4 siswa yang tidak tuntas dari 24 siswa dan hasil tes siklus II mencapai 96% dengan 1 siswa yang tidak tuntas dari 24 siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204313;
dc.subjectCONTEXTUAL TEACHING AND LEARNINGen_US
dc.titlePENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KETERAMPILAN MENULIS LAPORAN PENGAMATAN SISWA KELAS VI SDN BINTORO 01 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record