Show simple item record

dc.contributor.authorSukma Rahayu
dc.date.accessioned2013-12-08T04:27:26Z
dc.date.available2013-12-08T04:27:26Z
dc.date.issued2013-12-08
dc.identifier.nimNIM080210204255
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6180
dc.description.abstractRendahnya nilai hasil belajar IPS di SDN Gebang 03 Jember disebabkan oleh beberapa faktor antara lain; metode pembelajaran yang diterapkan di sekolah masih bersifat konvensional, penggunaan alat peraga/ media jarang sekali digunakan, dan praktik pembelajarannya kurang memanfaatkan situasi nyata di lingkungan siswa. Sehingga pemahaman terhadap konsep IPS sulit dicerna dan juga berakibat pada kemampuan siswa dalam memecahkan masalah IPS yang merupakan salah satu kegiatan utama dalam pembelajaran IPS., guru harus berperan aktif untuk menciptakan beberapa pendekatan dan metode. Pendekatan tersebut dapat mendekatkan IPS kepada siswa dan dapat memberikan kesempatan lebih banyak kepada siswa untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran serta siswa dapat menemukan dan membangun pengetahuan dari realitas yang ada di sekitarnya secara mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui pembelajaran Cooperative Learning: Think-Pair-Share mata pelajaran IPS kelas IVB SDN Gebang 03 kecamatan Patrang Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2011/2012. Pengambilan data dalam penelitian ini, dilaksanakan di SDN Gebang 03 kecamatan Patrang, dimulai pada tanggal 25 Juli 2011 sampai tanggal 30 September 2011, subyek penelitian adalah siswa kelas IVB dengan jumlah siswa 47 siswa, terdiri dari 28 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Jenis penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes dan wawancara. Data yang dikumpulkan berupa analisis jawaban siswa terhadap tes akhir siklus I, dan tes akhir ix sklus II, analisis aktifitas siswa selama proses pembelajaran IPS, dan dalam memecahkan masalah IPS, serta jawaban siswa terhadap wawancara yang dilakukan peneliti.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204255;
dc.subjectAKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR, MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING:en_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV BIDANG STUDI IPS POKOK BAHASAN SUMBER DAYA ALAM DAN PERSEBARANNYA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING: THINK - PAIR - SHARE DI SDN GEBANG O3 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011 / 2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record