dc.description.abstract | Analisis Buku Matematika untuk SMP/MTs Kelas VII Semester I Kurikulum
2013 Berdasarkan Kriteria Bell; Zahrotul hestin Haustin, 100210101106; 2014;
167 halaman; Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Pendidikan MIPA
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember.
UU RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, pasal 1
menyebutkan pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan
suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif
mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan,
pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang
diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.
Pada tahun 2013, Indonesia menerapkan kurikulum yang merupakan
penyempurnaan dari Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) dan Kurikulum Tingkat
Satuan Pendidikan 2006 yang dikenal dengan kurikulum 2013. Berdasar pada hal
tersebut semua sarana yang mendukung pelaksanaan kurikulum 2013 disesuaikan
dengan kurikulum tersebut, termasuk buku teks. Pemerintah telah mencetak berbagai
buku teks berdasarkan kurikulum 2013, salah satunya adalah buku teks matematika
kurikulum 2013 yang telah digunakan dalam proses pembelajaran matematika di
kelas.
Pada penelitian ini dilakukan analisis pada buku matematika kelas VII
semester I kurikulum 2013 berdasarkan kriteria Bell. Rumusan masalah pada
penelitian ini adalah: 1) Bagaimanakah kesesuaian materi buku matematika untuk
SMP/MTs kelas VII semester I kurikulum 2013 berdasarkan kriteria bell? 2)
Bagaimanakan kesesuaian metode penyampaian materi buku matematika untuk
SMP/MTs kelas VII semester I kurikulum 2013 berdasarkan kriteria bell? 3)
Bagaimakah kesesuaian karakteristik fisik buku matematika untuk SMP/MTs kelas
VII semester I berdasarkan kriteria bell? 4) Bagaimanakan kesesuaian petunjuk buku
guru buku matematika untuk SMP/MTs kelas VII semester I kurikulum 2013
berdasarkan kriteria bell? . Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini
adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang
didahului dengan mengembangkan deskriptor kriteria Bell. Metode pengumpulan
data yang digunakan adalah metode angket dan metode dokumentasi. Waktu
penelitian mulai dari memilih buku dan analisis buku dilakukan pada bulan April
hingga Agustus 2014.
Hasil penelitian terhadap buku siswa kelas VII semester I kurikulum 2013
adalah sebagai berikut : Kesesuaian materi matematika Buku Matematika SMP/MTs
untuk Kelas VII Semester I Kurikulum 2013 Berdasarkan Kriteria Bell termasuk
dalam kategori sangat baik dengan persentase kesesuaian 88,75%. Kesesuaian metode
penyampaian materi Buku Matematika SMP/MTs untuk Kelas VII Semester I
Kurikulum 2013 Berdasarkan Kriteria Bell termasuk dalam kategori cukup dengan
persentase kesesuaian 65,47%. Kesesuaian karakteristik fisik Buku Matematika
SMP/MTs untuk Kelas VII Semester I Kurikulum 2013 Berdasarkan Kriteria Bell
termasuk dalam kategori sangat baik dengan persentase kesesuaian 81,81%.
Kesesuaian petunjuk untuk guru Buku Matematika SMP/MTs untuk Kelas VII
Semester I Kurikulum 2013 Berdasarkan Kriteria Bell termasuk dalam kategori
cukup dengan persentase kesesuaian 52,61%.
Dengan hasil di atas dapat dikatakan bahwa buku teks matematika kelas VII
semester I kurikulum 2013 dapat digunakan oleh siswa. Diharapkan penelitian ini
dapat menjadi masukan untuk semua pihak dalam proses penyusunan buku siswa
matematika selanjutnya. | en_US |