• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERSTANDAR NCTM (NATIONAL COUNCIL OF TEACHERS OF MATHEMATICS) PADA POKOK BAHASAN TEOREMA PYTHAGORAS DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) KELAS VIII

    Thumbnail
    View/Open
    Veni Pramudya Hapsari - 110210181010_1.pdf (280.2Kb)
    Date
    2015-03-12
    Author
    Veni Pramudya Hapsari
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berstandar NCTM (National Council of Teachers of Mathematics) Pada Pokok Bahasan Teorema Pythagoras di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kelas VIII; Veni Pramudya Hapsari, 110210181010; 2014: 100 halaman; Program Studi Pendidikan Matematika; Jurusan Pendidikan MIPA; Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember. Depdiknas (2006:2) menyatakan bahwa pelajaran Matematika SMP bertujuan agar siswa SMP dapat: (1) menggunakan penalaran pada pola dan sifat, melakukan manipulasi matematika dalam membuat generalisasi, menyusun bukti atau menjelaskan gagasan dan pernyataan matematika; (2) memecahkan masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah, merancang model matematika, menyelesaikan model dan menafsirkan solusi yang diperoleh; dan (3) mengkomunikasikan gagasan dengan simbol, tabel diagram, atau media lain untuk memperjelas keadaan atau masalah. Berdasarkan standar isi KTSP tersebut, kemampuan pemecahan masalah perlu dilatih agar siswa menjadi terampil dalam memecahkan setiap permasalahan. Kemampuan penalaran juga perlu dikuasai siswa karena sangat mendukung keberhasilan proses pemecahan masalah. Kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan bernalar siswa dapat ditingkatkan dengan melatih kemampuan komunikasi matematika. NCTM (National Council of Teachers of Mathematics) menganut pandangan konstruktivis dalam pembelajaran yang tersusun dalam empat komponen, yaitu: tugas, wacana, lingkungan belajar, dan analisis. Selain itu, NCTM juga menetapkan lima standar proses pembelajaran matematika, yaitu: problem solving; communication, reasoning & proof; representation, dan connections. Pembelajaran berstandar NCTM lebih menekankan pada proses pembelajaran siswa untuk memahami bagaimana konsep matematika untuk menyelesaikan suatu permasalahan untuk kemudian diaplikasikan dalam permasalahan dengan bimbingan guru. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan produk perangkat pembelajaran matematika berstandar NCTM pada materi teorema Pythagoras di kelas VIII SMP berupa RPP, LKS, dan THB. Model pengembangan perangkat pembelajaran yang digunakan adalah model 4-D yang terdiri dari empat tahap, yakni tahap pendefinisian, tahap perancangan, tahap pengembangan, dan tahap penyebaran. Uji coba dilaksanakan di SMP Plus Darus Sholah. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A. Dalam kegiatan uji coba, peneliti bertindak sebagai pengajar dan diamati oleh guru matematika. Sedangkan aktivitas siswa diamati oleh 3 orang observer. Untuk mengukur kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan perangkat pembelajaran, maka disusun dan dikembangkan instrumen penelitian. Validasi perangkat pembelajaran dilakukan oleh tiga validator yang memberikan nilai berdasarkan kriteria nilai tertentu pada indikator-indikator penilaian instrumen. Hasil validasi ahli digunakan sebagai dasar melakukan revisi dan penyempurnaan perangkat pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis valididasi perangkat pembelajaran, diperoleh derajat validitas pada RPP sebesar 0,95, LKS sebesar 0,97 dan THB sebesar 0,82. Sehingga dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran telah memenuhi kriteria kevalidan. Dari persentase kemampuan guru pada ketiga pertemuan diperoleh persentase rata-rata 86,55%. Sesuai dengan hasil analisis tersebut, maka perangkat pembelajaran telah memenuhi kriteria kepraktisan. Berdasarkan hasil analisis data akitivas siswa, tes hasil belajar dan respon siswa, secara umum adalah sebagai berikut a. Persentase aktivitas siswa pada ketiga pertemuan diperoleh rata-rata 81,73%. b. Ketuntasan hasil belajar siswa terhadap 29 siswa di kelas VIII-A yaitu 96,55% siswa mendapat nilai di atas 60. c. presentase hasil analisis data respon siswa diperoleh rata-rata 92 %. Maka dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran telah memenuhi kriteria keefektifan. Secara keseluruhan perangkat pembelajaran telah memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61779
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository