• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ANALISIS BUKU MATEMATIKA KURIKULUM 2013 UNTUK SMA KELAS X BERDASARKAN KRITERIA BELL

    Thumbnail
    View/Open
    Naila Dhofarina Noor - 100210101068_1.pdf (241.8Kb)
    Date
    2015-03-12
    Author
    NAILA DHOFARINA NOOR
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Analisis Buku Matematika Kurikulum 2013 untuk SMA Kelas X Berdasarkan Kriteria Bell. Naila Dhofarina Noor; 100210101068; 2014: 88 halaman; Program Studi Pendidikan Matematika; Jurusan Pendidikan MIPA; Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember. Kebesaran suatu bangsa tidak lepas dari peran pendidikan dalam membentuk generasi yang sadar akan posisinya sebagai agent of change. Menurut Drost (1998:48) dalam dunia pendidikan, ketersediaan buku turut andil dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Sebagaimana yang telah dikemukakan pemerintah Indonesia bahwa mulai tahun 2013 Kemendiknas menjalankan kebijakan penyediaan buku kurikulum 2013 sebagai pengganti kurikulum sebelumnya. Untuk SMA, salah satu buku yang diterbitkan adalah Matematika kelas X. Buku teks matematika yang berkualitas, akan meningkatkan kualitas pengajaran matematika (Tarigan dan Tarigan, 1986a:20). Evaluasi terhadap buku teks matematika dapat dilakukan dengan menggunakan empat kriteria evaluasi buku teks menurut Bell. Bell (1981:381-385) menyatakan terdapat empat kriteria utama yang dapat digunakan untuk mengevaluasi buku pelajaran matematika yaitu: (a) kriteria yang berhubungan dengan materi matematika, (b) kriteria yang berhubungan dengan metode penyampaian materi, (c) kriteria yang berhubungan dengan karakteristik fisik, dan (d) kriteria yang berhubungan dengan petunjuk untuk guru. Pada penelitian ini dilakukan analisis terhadap Buku Matematika Kurikulum 2013 untuk SMA Kelas X terbitan Kemendikbud pada tahun 2013 dengan menggunakan kriteria Bell. Buku tersebut merupakan salah satu buku yang diterbitkan pemerintah untuk SMA kelas X. Selain itu, buku tersebut juga merupakan implementasi kurikulum 2013 yang disusun berbagai pihak di bawah koordinasi Kemendikbud. Sekolah yang menjadi sasaran penerapan kurikulum ix 2013 diwajibkan menggunakannya sebagai acuan belajar, baik bagi guru maupun siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Pendeskripsian pada penelitian ini dilakukan dengan cara memberikan gambaran dan penilaian secara menyeluruh mengenai kesesuaian Matematika Kurikulum 2013 untuk SMA kelas X terbitan kemendikbud berdasarkan kriteria Bell. Data pada penelitian ini adalah kesesuaian buku Matematika Kurikulum 2013 untuk SMA kelas X dengan kriteria Bell sehingga sumber datanya adalah buku tersebut. Instrumen yang digunakan adalah Lembar Analisis Kesesuaian Buku berdasarkan kriteria Bell, Lembar Validasi Bahasa Instrumen Pertanyaan dan Lembar Validasi Instrumen Analisis Kesesuaian Buku. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi dan metode angket. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Data yang dianalisis adalah data hasil validasi dan data kesesuaian buku. Berdasarkan data hasil validasi didapatkan nilai rerata total (Va) untuk validasi bahasa pertanyaan sebesar 3,4 yang berarti valid. Hasil validasi instrumen secara keseluruhan diperoleh nilai sebesar 3,75 yang berarti sangat valid. Untuk kategori valid dan sangat valid tidak perlu dilakukan revisi pada instrumen dan tidak perlu dilakukan uji validasi kembali. Dengan demikian, instrumen analisis kesesuaian buku berdasarkan kriteria Bell dapat digunakan dalam penelitian. Setelah data hasil pengamatan kesesuaian buku didapatkan, kemudian dianalisis sesuai metode analisis data. Hasil perhitungan persentase kesesuaian materi matematika dalam buku terhadap kriteria Bell adalah 79,17 % atau berkategori baik. Persentase kesesuaian metode penyampaian materi dalam buku adalah 71,43 % atau berkategori baik. Persentase kesesuaian karakteristik fisik buku adalah 81,82 % atau berkategori sangat baik dan persentase kesesuaian petunjuk untuk guru pada buku adalah 36,84 % atau berkategori kurang baik. Program Studi Pendidikan Matematika, Pendidikan MIPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61774
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository