ANALISIS BUKU MATEMATIKA KURIKULUM 2013 UNTUK SMA KELAS X BERDASARKAN KRITERIA BELL
Abstract
Analisis Buku Matematika Kurikulum 2013 untuk SMA Kelas X
Berdasarkan Kriteria Bell. Naila Dhofarina Noor; 100210101068; 2014: 88
halaman; Program Studi Pendidikan Matematika; Jurusan Pendidikan MIPA;
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember.
Kebesaran suatu bangsa tidak lepas dari peran pendidikan dalam
membentuk generasi yang sadar akan posisinya sebagai agent of change. Menurut
Drost (1998:48) dalam dunia pendidikan, ketersediaan buku turut andil dalam
meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Sebagaimana yang telah
dikemukakan pemerintah Indonesia bahwa mulai tahun 2013 Kemendiknas
menjalankan kebijakan penyediaan buku kurikulum 2013 sebagai pengganti
kurikulum sebelumnya. Untuk SMA, salah satu buku yang diterbitkan adalah
Matematika kelas X.
Buku teks matematika yang berkualitas, akan meningkatkan kualitas
pengajaran matematika (Tarigan dan Tarigan, 1986a:20). Evaluasi terhadap buku
teks matematika dapat dilakukan dengan menggunakan empat kriteria evaluasi
buku teks menurut Bell. Bell (1981:381-385) menyatakan terdapat empat kriteria
utama yang dapat digunakan untuk mengevaluasi buku pelajaran matematika
yaitu: (a) kriteria yang berhubungan dengan materi matematika, (b) kriteria yang
berhubungan dengan metode penyampaian materi, (c) kriteria yang berhubungan
dengan karakteristik fisik, dan (d) kriteria yang berhubungan dengan petunjuk
untuk guru.
Pada penelitian ini dilakukan analisis terhadap Buku Matematika
Kurikulum 2013 untuk SMA Kelas X terbitan Kemendikbud pada tahun 2013
dengan menggunakan kriteria Bell. Buku tersebut merupakan salah satu buku
yang diterbitkan pemerintah untuk SMA kelas X. Selain itu, buku tersebut juga
merupakan implementasi kurikulum 2013 yang disusun berbagai pihak di bawah
koordinasi Kemendikbud. Sekolah yang menjadi sasaran penerapan kurikulum
ix
2013 diwajibkan menggunakannya sebagai acuan belajar, baik bagi guru maupun
siswa.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Pendeskripsian pada
penelitian ini dilakukan dengan cara memberikan gambaran dan penilaian secara
menyeluruh mengenai kesesuaian Matematika Kurikulum 2013 untuk SMA kelas
X terbitan kemendikbud berdasarkan kriteria Bell. Data pada penelitian ini adalah
kesesuaian buku Matematika Kurikulum 2013 untuk SMA kelas X dengan kriteria
Bell sehingga sumber datanya adalah buku tersebut. Instrumen yang digunakan
adalah Lembar Analisis Kesesuaian Buku berdasarkan kriteria Bell, Lembar
Validasi Bahasa Instrumen Pertanyaan dan Lembar Validasi Instrumen Analisis
Kesesuaian Buku. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode
dokumentasi dan metode angket. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis
deskriptif kualitatif. Data yang dianalisis adalah data hasil validasi dan data
kesesuaian buku.
Berdasarkan data hasil validasi didapatkan nilai rerata total (Va) untuk
validasi bahasa pertanyaan sebesar 3,4 yang berarti valid. Hasil validasi instrumen
secara keseluruhan diperoleh nilai sebesar 3,75 yang berarti sangat valid. Untuk
kategori valid dan sangat valid tidak perlu dilakukan revisi pada instrumen dan
tidak perlu dilakukan uji validasi kembali. Dengan demikian, instrumen analisis
kesesuaian buku berdasarkan kriteria Bell dapat digunakan dalam penelitian.
Setelah data hasil pengamatan kesesuaian buku didapatkan, kemudian
dianalisis sesuai metode analisis data. Hasil perhitungan persentase kesesuaian
materi matematika dalam buku terhadap kriteria Bell adalah 79,17 % atau
berkategori baik. Persentase kesesuaian metode penyampaian materi dalam buku
adalah 71,43 % atau berkategori baik. Persentase kesesuaian karakteristik fisik
buku adalah 81,82 % atau berkategori sangat baik dan persentase kesesuaian
petunjuk untuk guru pada buku adalah 36,84 % atau berkategori kurang baik.
Program Studi Pendidikan Matematika, Pendidikan MIPA, Fakultas Keguruan
dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember.