PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER DI KELAS VIII D SMP NEGERI 12 JEMBER TAHUN AJARAN 2013/2014
Abstract
Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Numbered Head Together
Kejadian yang sering kita temui di dunia pendidikan yaitu hasil belajar siswa
pada mata pelajaran matematika sangat rendah. Hal ini disebabkan oleh kurangnya
keaktifan siswa di dalam proses belajar mengajar dan kurangnya keterampilan guru
dalam memberikan materi pembelajaran. Faktor lain yang cukup penting adalah
bahwa aktifitas pembelajaran di kelas selama ini dilakukan oleh guru melalui
penyampaian informasi, sedangkan siswa hanya pasif mendengarkan dan menyalin.
Angapan di atas juga tampak pada kelas VIII D di SMP Negeri 12 Jember, pada
proses belajar mengajar banyak siswa yang kurang bersemangat, jarang bertanya dan
enggan terlibat serta tidak ada perhatian dengan materi yang disampaikan oleh guru.
Kemampuan siswa kelas VIII D diketahui masih tergolong rendah. Hal ini bisa dilihat
dari hasil nilai ulangan matematika yang menunjukkan bahwa siswa yang
memperoleh nilai diatas KKM
Berdasarkan uraian di atas, maka diadakan penelitian dengan judul
“Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Numbered Head Together
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII D SMP Negeri 12 Jember.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif.
viii
Disebut pendekatan kualitatif karena dari keseluruhan data yang dikumpulkan
terdapat data yang bersifat non numerik dan hasil analisis berupa kata-kata.
Sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas
Hasil penelitian penerapan pembelajaran kooperatif model Numbered Head
Together
Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model Numbered Head
Together