• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PERBANDINGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING DARI AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA SUB POKOK BAHASAN VOLUM KUBUS DAN BALOK DI SMPN 1 PAKUSARI TAHUN AJARAN 2013/2014

    Thumbnail
    View/Open
    Laifatul Ismiah - 100210101103 skripsi_1.pdf (376.1Kb)
    Date
    2015-03-12
    Author
    Latifatul Ismiah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Perbandingan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Aloud Pair Problem Solving Menurut Djamarah dan Zain Menurut Sanjaya Pembelajaran TAPPS dipilih untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam memberikan alasan setiap penyelesaian masalah yang dikerjakan. Selain itu pembelajaran kooperatif tipe TAPPS mempunyai beberapa aturan yaitu membagi kelompok dalam dua peran yaitu peran Problem Solver dan peran Listener yang bekerja secara kooperatif dalam pemecahan masalah dengan mengikuti suatu aturan tertentu. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu atau quasy experiment, yang bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan aktivitas dan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan pembelajaran koopratif tipe TAPPS dengan siswa yang diajar menggunakan pembelajaran metode ekspositori. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 16 – 24 Mei 2014 di SMP Negeri 1 Pakusari pada semester genap tahun viii ajaran 2013/2014. Terdapat dua kelas yang digunakan pada penelitian ini yaitu kelas VIII-A Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah uji -t. Uji-t digunakan untuk mencari perbedaan serta kelas yang lebih baik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Namun, apabila data tidak berdistribusi normal maka dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji Mann-Whitney. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa aktivitas belajar siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TAPPS lebih baik daripada aktivitas belajar siswa yang diajar menggunakan pembelajaran ekspositori , hal ini dapat dilihat dari taraf signifikan 0,0005 jauh di bawah taraf signifikan 0,05 sehingga H ditolak. Uji hipotesis dengan uji-t dilakukan terhadap hasil tes akhir dapat diketahui bahwa hasil belajar siswa di kelas dengan pembelajaran kooperatif tipe TAPPS lebih baik daripada hasil belajar siswa di kelas dengan pembelajaran ekspositori. Hal ini dapat dilihat dari nilai t 0 ix tabel = 1,66905 dan t = 2,363. Karena t hitung > t tabel sehingga H 0 hitung ditolak. Kesimpulan dari hasil analisis dan pembahasan adalah ada perbedaan aktivitas belajar siswa yang diajar menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TAPPS dengan aktivitas belajar siswa menggunakan pembelajaran metode ekspositori, dengan aktivitas belajar siswa yang diajar menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TAPPS lebih baik daripada aktivitas belajar siswa menggunakan pembelajaran metode ekspositori. Dan ada perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TAPPS dengan hasil belajar siswa menggunakan pembelajaran metode ekspositori, dengan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TAPPS lebih bai k daripada hasil belajar siswa menggunakan pembelajaran metode ekspositori.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61769
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository