Show simple item record

dc.contributor.authorBanina Firdaus
dc.date.accessioned2015-03-12T09:59:34Z
dc.date.available2015-03-12T09:59:34Z
dc.date.issued2015-03-12
dc.identifier.nimNIM100210101015
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61764
dc.description.abstractAnalisis Soal Dalam Buku Matematika Kelas VII Kurikulum 2013 Berdasarkan Mathematical Literacy Assessment Taxonomy; Banina Firdaus, 100210101015; 2014; 154 halaman; Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Pendidikan MIPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember. Pendidikan merupakan usaha sadar yang dilakukan agar peserta didik atau siswa dapat mencapai tujuan pendidikan yang telah ditentukan (Soedjadi, 2000:6). Peningkatan kualitas pendidikan dapat diupayakan dengan melakukan peningkatan komponen-komponen pendidikan. Oleh karena itu, komponen pendidikan merupakan aspek yang sangat penting untuk dikembangkan dalam memperbaiki usaha pembelajaran. Pada tahun 2013, Indonesia menerapkan kurikulum yang merupakan penyempurnaan dari Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) dan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan 2006 yang dikenal dengan kurikulum 2013. Salah satu alasan terjadinya perubahan kurikulum di Indonesia adalah hasil studi PISA yang menempatkan Indonesia di peringkat 10 terbawah. PISA (Program for Internasional Student Assessment) adalah studi Internasional tentang prestasi literasi membaca, literasi matematika dan sains siswa sekolah berusia 15 tahun. Studi ini dikoordinasikan oleh OECD (Organisation for Economic Cooperation and Development) yang dilaksanakan setiap tiga tahun sekali. Salah satu fokus studi yang diselenggarakan yaitu menilai mathematical literacy. Dalam kurikulum 2013, dirumuskan secara terpadu kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang harus dikuasai oleh peserta didik. Salah satu perbedaan antara kurikulum 2013 dengan kurikulum sebelumnya adalah adanya buku siswa yang sudah disusun oleh pemerintah sebagai buku wajib sumber belajar di sekolah. Pada penelitian ini dilakukan analisis pada buku matematika kelas VII kurikulum 2013 edisi revisi berdasarkan mathematical literacy assessment taxonomy. viii Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang didahului dengan pengembangan deskriptor mathematical literacy assessment taxonomy. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket dan metode dokumentasi. Waktu penelitian mulai dari mengklasifikasi soal dan analisis soal dilakukan pada bulan Agustus hingga bulan Oktober 2014. Hasil penelitian menunjukkan dalam buku siswa kelas VII kurikulum 2013 cetakan ke-2 edisi revisi terdapat 99 pertanyaan mathematics literacy dari 177 pertanyaan yang terkumpul dalam soal uji kompetensi masing-masing pokok bahasan, dan tercapai persentase 55,93% soal mathematics literacy yang ada dalam buku tersebut. Dari 99 pertanyaan terhitung 94 soal yang termasuk dalam level mathematical literacy assessment taxonomy yaitu 40,42% soal (38 soal) berada pada level 1, 31,91% soal (30 soal) berada pada level 2, dan 27,65% soal (26 soal) berada pada level 3. Sedangkan soal yang berada pada level 4, tidak ditemukan pada soal uji kompetensi yang dikumpulkan. Berdasarkan hasil di atas diperoleh bahwa berdasarkan jumlahnya, pemberian soal mathematics literacy sudah dianggap cukup. Hal ini karena mengingat di Indonesia masih belum ada mata pelajaran mathematical literacy seperti di Afrika Selatan, namun masih terintegrasi dalam mata pelajaran matematika. Jika dilihat dari proporsi persentase masing-masing level sesuai dengan pedoman yang digunakan di Afrika Selatan, maka seharusnya ditambahkan soal yang termasuk dalam tingkatan reasoning and reflecting. Sehingga diharapkan siswa dapat terlatih dalam mengerjakan soal yang mencakup keseluruhan level mathematical literacy taxonomy. Diharapkan penelitian ini dapat menjadi masukan untuk semua pihak dalam proses penyusunan buku siswa matematika selanjutnya.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries100210101015;
dc.subjectANALISIS SOAL DALAM BUKU MATEMATIKA KELAS VII KURIKULUM 2013 BERDASARKAN MATHEMATICAL LITERACY ASSESSMENT TAXONOMYen_US
dc.titleANALISIS SOAL DALAM BUKU MATEMATIKA KELAS VII KURIKULUM 2013 BERDASARKAN MATHEMATICAL LITERACY ASSESSMENT TAXONOMYen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record