• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ANALISIS PROSES BERPIKIR KRITIS SISWA BERBASIS PERFORMANCE TASK PADA SUBPOKOK BAHASAN PERSEGI PANJANG KELAS VII SMP NEGERI 2 AJUNG PERSEGI PANJANG KELAS VII SMP NEGERI 2 AJUNG PERSEGI PANJANG KELAS VII SMP NEGERI 2 AJUN

    Thumbnail
    View/Open
    110210101045_1.pdf (101.1Kb)
    Date
    2015-03-12
    Author
    Muhammad Arif Hermawan
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Analisis Proses Berpikir Kritis Siswa Berbasis Performance Task Pada Sub Pokok Bahasan Persegi Panjang Kelas VII SMP Negeri 2 Ajung; Muhammad Arif Hermawan, 110210101045; 2014; 69 halaman; Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Pendidikan MIPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember. Pembelajaran matematika merupakan suatu proses dalam diri siswa yang hasilnya berupa perubahan pengetahuan, sikap, keterampilan, dan untuk menerapkan konsep-konsep, struktur, dan pola dalam matematika sehingga dapat menjadikan siswa berpikir logis, kritis, kreatif, dan sistematis dalam kehidupan sehari-hari. Upaya mendapatkan informasi pola pikir siswa dalam pembelajaran memerlukan sebuah instrumen penilaian. Salah satu bentuk instrumen penilaian yaitu Penilaian Kinerja. Dengan menggunakan Penilaian Kinerja Proses berpikir kritis siswa terbagi menjadi 4 tahapan, yaitu Tahap Klarifikasi, Tahap Asesmen, Tahap Inferensi, dan Tahap Strategi. Klarifikasi dalam performance task diartikan sebagai kemampuan siswa dalam menyebutkan dengan tepat pernyataan yang diminta dari soal. Asesmen dalam performance task diartikan sebagai kemampuan siswa dalam menggunakan informasi yang relevan dalam soal atau pengetahuan sebelumnya untuk menyelesaikan soal. Inferensi dalam performance task diartikan sebagai kemampuan siswa menemukan langkah untuk menyelesaikan soal dan membuat kesimpulan. Strategi dalam performance task diartikan sebagai kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal dengan cara yang berbeda. Pada penelitian ini dilakukan analisis terhadap proses berpikir kritis siswa berbasis performance assessment. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan instrumen performance assessment viii bahasan persegi panjang berdasarkan kemampuan matematikanya. Instrumen yang digunakan adalah performance assessment dan pedoman wawancara. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan metode wawancara. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Data yang dianalisis adalah data hasil performance task dan hasil wawancara mendalam terhadap jawaban siswa. Berdasarkan data hasil validasi tes berdasarkan validasi isi dan konstruksi dengan beberapa komponen penguji, maka diperoleh bahwa tes tersebut valid dengan koefisien kevalidan 4,00. Maka soal tes tersebut dapat digunakan dengan beberapa revisi sesuai dengan saran revisi yang telah diberikan validator. Setelah dilakukan uji validitas, kemudian dilakukan revisi terhadap performance task. Selanjutnya dilakukan uji coba soal terhadap permasalahan yang telah direvisi, diperoleh minimal korelasi sedang. Dengan minimal memenuhi korelasi sedang maka performance task dapat digunakan. Berdasarkan uji validitas dan uji coba soal yang telah dilakukan, maka performance task tersebut dikatakan valid dan dapat digunakan. Sehingga performance task dapat digunakan untuk penelitian. Setelah data hasil wawancara diperoleh, kemudian dianalisis. S1 dapat melewati tahap klarifikasi dikarenakan telah memenuhi indikator-indikator yang telah dijabarkan di tahap klarifikasi. Kemudian S1 dapat melewati tahap asesmen dan tahap inferensi dikarenakan telah memenuhi indikator yang terdapat di tahap asesmen dan inferensi. S1 juga dapat melewati tahap strategi dikarenakan telah memenuhi indikator-indikator yang telah dijabarkan di tahap strategi. S2 dapat melewati tahap klarifikasi dikarenakan telah memenuhi indikator-indikator yang telah dijabarkan di tahap klarifikasi. Kemudian S2 juga dapat melewati tahap asesmen dan tahap inferensi dikarenakan telah memenuhi indikator yang terdapat di tahap asesmen dan inferensi. Tetapi, S2 tidak dapat melewati tahap strategi dikarenakan tidak memenuhi indikator-indikator yang telah dijabarkan di tahap strategi. S3 dapat melewati tahap klarifikasi dan tahap asesmen dikarenakan telah memenuhi indikator-indikator yang telah dijabarkan di tahap klarifikasi dan di tahap asesmen. Tetapi, S3 tidak dapat melewati tahap inferensi dan tahap strategi dikarenakan tidak memenuhi indikator-indikator yang telah dijabarkan di tahap inferensi dan tahap strategi.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61760
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    Related items

    Showing items related by title, author, creator and subject.

    • PENERAPAN METODE PENEMUAN POKOK BAHASAN KELILING DAN LUAS PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG POKOK BAHASAN KELILING DAN LUAS PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG POKOK BAHASAN KELILING DAN LUAS PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG KELAS III SDN SEMPUSARI 1 JEMBER 2010/2011 KELAS III SDN SEMPUSARI 1 JEMBER 2010/2011 KELAS III SDN SEMPUSARI 1 JEMBER 2010/201 

      Ammar Ma’ruf (2014-01-27)
      Metode penemuan Penelitian ini merupakan Penelitian tindakan kelas yang dilakukan di SDN Sempusari 1 Jember pada semester genap yang bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode penemuan wawancara, daftar nama ...
    • PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN STRATEGI STUDENT TEAM HEROIC LEADERSHIP UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA PADASUB POKOK BAHASAN PERSEGI PANJANG DAN PERSEGI DI SMP NEGERI 2 TANGGUL TAHUN AJARAN 2013/2014 

      Robby Wahyu Darmawan (2014-07-14)
      Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan dua siklus yakni siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan dan tes akhir di setiap siklusnya. Berdasarkan tindakan pada ...
    • PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA SUB POKOK BAHASAN PERSEGI PANJANG DAN PERSEGI SISWA KELAS VII D SMP NEGERI 14 JEMBER TAHUN AJARAN 2014/2015 

      FITRI AYU DWI PURWANTI (2015-03-12)
      Penerapan Strategi Pembelajaran INDEX CARD MATCH Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Sub Pokok Bahasan Persegi Panjang dan Persegi Siswa Kelas VII D SMP Negeri 14 Jember Tahun Ajaran 2014-2015 ” ...

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository