• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN PROSES PEMBENTUKAN TANAH DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) SISWA KELAS V SDN MRAWAN 02 TAPEN - BONDOWOSO 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    SITI NURAIZE_001.pdf (85.13Kb)
    Date
    2013-12-08
    Author
    SITI NURAIZE
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Rendahnya nilai hasil belajar IPA di sekolah disebabkan oleh beberapa faktor antara lain; metode pembelajaran yang diterapkan di sekolah masih bersifat konvensional, penggunaan alat peraga/media jarang sekali digunakan, dan praktik pembelajarannya masih monoton. Setelah berdo’a dan mengabsensi siswa untuk memulai pelajaran IPA guru tidak melakukan apersepsi tetapi guru langsung menyuruh siswa membuka buku paket yang halamannya telah ditentukan guru.. Sehingga pemahaman terhadap konsep IPA sulit dicerna dan juga berakibat pada kemampuan siswa dalam memecahkan soal IPA. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini antara lain: 1) Bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran IPA pokok bahasan proses pembentukan tanah dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT di kelas V SDN Mrawan 2 tahun pelajaran 2010/2011?. 2) Bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA pokok bahasan proses pembentukan tanah dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT di kelas V SDN Mrawan 2 tahun pelajaran 2010/2011?. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah IPA, guru harus berperan aktif untuk menciptakan beberapa pendekatan dan metode. Pendekatan tersebut dapat mendekatkan IPA kepada siswa dan dapat memberikan kesempatan lebih banyak kepada siswa untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran serta siswa dapat menemukan dan membangun pengetahuan dari realitas yang ada di sekitarnya secara mandiri. viii Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar melalui pembelajaran kooperatif tipe NHT mata pelajaran IPA siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Mrawan 2 kecamatan Tapen kabupaten Bondowoso Tahun Pelajaran 2010/2011. Pengambilan data dalam penelitian ini, dilaksanakan di SDN Mrawan 2 kecamatan Tapen, dimulai pada tanggal 19 Mei 2011 sampai tanggal 2 Juni 2011, subyek penelitian adalah siswa kelas V dengan jumlah siswa 30 anak, terdiri dari 17 laki-laki dan 13 perempuan. Jenis penelitian ini adalah menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes dan wawancara. Data yang dikumpulkan berupa analisis aktivitas siswa selama proses pembelajaran IPA, tes akhir siklus I, dan tes akhir sklus II, dan jawaban siswa terhadap wawancara yang dilakukan peneliti.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6176
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository