• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PREDICTION OBSERVATION EXPLANATION (POE) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN ARITMETIKA SOSIAL KELAS VII C SMP NEGERI 14 JEMBER SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2014/2015

    Thumbnail
    View/Open
    100210101114_1.pdf (587.3Kb)
    Date
    2015-03-12
    Author
    Yulindatil Jannah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penerapan Model Pembelajaran Prediction Observation Explanation (POE) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Aritmetika Sosial Kelas VII C SMP Negeri 14 Jember Semester Ganjil Tahun Ajaran 2014/2015; Yulindatil Jannah, 100210101114; 2014: 75 halaman; Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Pendidikan MIPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember. Matematika memegang peranan penting dalam proses pembelajaran karena dapat menumbuhkan kemampuan bernalar yaitu berfikir sistematis, logis dan kritis dalam memecahkan masalah. Mengingat pentingnya mempelajari matematika, maka dalam proses belajar mengajar, guru sangat berperan dan mempunyai kewajiban untuk membimbing dan melatih siswa untuk memahami dan memecahkan masalah pada matematika. Berdasarkan informasi dari guru bidang studi matematika kelas VII C SMP Negeri 14 Jember, siswa sering kali mendapatkan nilai ketuntasan belajar dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Pembelajaran menggunakan model pembelajaran Prediction Observation Explanation (POE) adalah pembelajaran yang menekankan pemikiran prediksi persoalan matematika yang dapat mendorong siswa membangun pengetahuannya sendiri melalui berfikir, observasi, dan mencari penjelasan yang telah diberikan oleh guru dalam memperoleh informasi atau konsep dari materi pembelajaran. . Pembelajaran dengan model POE menggunakan tiga langkah utama, yaitu (1) prediction atau membuat prediksi, membuat dugaan terhadap suatu peristiwa, (2) observation yaitu melakukan penelitian, pengamatan terhadap apa yang terjadi. Pernyataan pokok dalam observasi adalah apakah prediksinya memang terjadi atau tidak, (3) explanation yaitu memberikan penjelasan. Penjelasan terutama tentang kesesuaian antara prediksi dengan hasil observasi. Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan, aktivitas dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan Aritmetika Sosial setelah penerapan model pembelajaran Prediction Observation Explanation (POE). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan mengadopsi model Kemmis & McTaggart yaitu model skema yang menggunanakan prosedur kerja yang dipandang sebagai siklus spiral dalam perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Sebelum melakukan penelitian, dilakukan tindakan pendahuluan yaitu pada tanggal 8 September 2014 dan pelaksanaan penelitian ini dimulai dari tanggal 23 Desember sampai tanggal 04 Oktober, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VII C SMP Negeri 14 Jember yang berjumlah 37 siswa. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data adalah metode wawancara, dokumentasi, observasi, dan tes. Analisis data yang digunakan adalah adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Data yang akan dianalisis dalam penelitian ini adalah aktivitas siswa, aktivitas guru dan hasil belajar siswa yang terdiri dari tiga aspek yaitu sikap, pengetahuan dan keterampilan. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah persentase aktivitas guru pada siklus I sebesar 86,46% sedangkan pada siklus II aktivitas guru mencapai persentase sebesar 92,71%. Terjadi peningkatan aktivitas guru secara keseluruhan yaitu sebesar 6,25%. Persentase aktivitas siswa pada siklus I sebesar 75,11% dan pada siklus II sebesar 79,39%. Berdasarkan data tersebut aktivitas siswa mengalami peningkatan dari pembelajaran siklus I ke pembelajaran pada siklus II sebesar 4,28%. Sedangkan dan persentase hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 67,57% dan pada siklus II sebesar 81,08% dan dan peningkatan hasil belajar siswa sebesar 13,51%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Prediction Observation Explanation (POE) berjalan dengan baik dan lancar karena dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa terhadap pokok bahasan Aritmetika Sosial sehingga dapat dijadikan sebagai pertimbangan guru untuk menerapkan metode dan model pembelajaran ini pada materi yang lain khususnya dalam pembelajaran matematika.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61753
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository