ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA POKOK BAHASAN TEOREMA PYTHAGORAS BERDASARKAN KATEGORI KESALAHAN NEWMAN DI KELAS VIII A SMP NEGERI 10 JEMBER
Abstract
Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Pokok
Bahasan Teorema Pythagoras Berdasarkan Kategori Kesalahan Newman di Kelas
VIII SMP Negeri 10 Jember; Arif Priyanto, 100210101069; 2014; halaman 87;
Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Pendidikan MIPA Fakultas Keguruan
dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember.
Matematika merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari sesuatu yang
abstrak. Objek kajian dalam matematika yaitu fakta, konsep, operasi, dan prinsip
mempunyai karakter abstrak. Belajar matematika tidak hanya menuntut siswa untuk
menguasai konsep-konsep dalam matematika, tetapi siswa juga dituntut untuk bisa
menerapkan konsep dalam pemecahan masalah sehari -hari. Pemecahan masalah
dalam matematika sekolah diwujudkan melalui soal cerita.
Kesalahan siswa dalam menjawab suatu permasalahan dalam bentuk tes
seringkali tidak ditindaklanjuti oleh guru matematika. Umumnya guru matematika
melihat mampu tidaknya siswa hanya melalui hasi l akhir dari tes yang diberikan.
Untuk itu perlu adanya analisis siswa dalam mengerjakan soal agar dapat diketahui
letak kesalahan yang dilakukan oleh siswa.
Skripsi ini bertujuan untuk menganalisis jenis kesalahan siswa, sehingga siswa
dapat mengetahui letak kesalahannya dalam menyeles aikan soal cerita dan tidak
mengulangi kesalahan yang sejenis saat mengerjakan soal cerita. Penelitian ini
dimaksudkan agar guru memahami jenis dan penyebab kesalahan siswa sehingga bisa
digunakan untuk memperbaiki kualitas mengajar guru serta kualitas bel ajar siswa.
Penelitian ini dilakukan dengan memberikan tes berbentuk uraian sebanyak lima soal
yang dipilih dari sepuluh soal yang telah divalidasi oleh satu guru matapelajaran
matematika dan dua dosen Pendidikan Matematika. Penelitian dilakukan di kelas VIII
A SMP Negeri 10 Jember setelah selesai diajarkan materi teorema Pythagoras.
viii
Pelaksanaan tes dilaksanakan pada Selasa, 25 November 2014, dilanjutkan dengan
pengisian angket dan wawancara.
Hasil penelitian berupa jawaban siswa yang dianalisis berdasarkan kategori
kesalahan Newman yaitu kesalahan membaca soal
Hasil analisis data menunjukkan bahwa kesalahan membaca soal
Selain jawaban siswa, analisis dilakukan pada hasil angket dan wawancara.
Dari hasil tersebut diperoleh data penyebab siswa melakukan kesalahan membaca
soal