• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA POKOK BAHASAN TEOREMA PYTHAGORAS BERDASARKAN KATEGORI KESALAHAN NEWMAN DI KELAS VIII A SMP NEGERI 10 JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    100210101069_1.pdf (370.0Kb)
    Date
    2015-03-12
    Author
    ARIF PRIYANTO
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Pokok Bahasan Teorema Pythagoras Berdasarkan Kategori Kesalahan Newman di Kelas VIII SMP Negeri 10 Jember; Arif Priyanto, 100210101069; 2014; halaman 87; Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Pendidikan MIPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember. Matematika merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari sesuatu yang abstrak. Objek kajian dalam matematika yaitu fakta, konsep, operasi, dan prinsip mempunyai karakter abstrak. Belajar matematika tidak hanya menuntut siswa untuk menguasai konsep-konsep dalam matematika, tetapi siswa juga dituntut untuk bisa menerapkan konsep dalam pemecahan masalah sehari -hari. Pemecahan masalah dalam matematika sekolah diwujudkan melalui soal cerita. Kesalahan siswa dalam menjawab suatu permasalahan dalam bentuk tes seringkali tidak ditindaklanjuti oleh guru matematika. Umumnya guru matematika melihat mampu tidaknya siswa hanya melalui hasi l akhir dari tes yang diberikan. Untuk itu perlu adanya analisis siswa dalam mengerjakan soal agar dapat diketahui letak kesalahan yang dilakukan oleh siswa. Skripsi ini bertujuan untuk menganalisis jenis kesalahan siswa, sehingga siswa dapat mengetahui letak kesalahannya dalam menyeles aikan soal cerita dan tidak mengulangi kesalahan yang sejenis saat mengerjakan soal cerita. Penelitian ini dimaksudkan agar guru memahami jenis dan penyebab kesalahan siswa sehingga bisa digunakan untuk memperbaiki kualitas mengajar guru serta kualitas bel ajar siswa. Penelitian ini dilakukan dengan memberikan tes berbentuk uraian sebanyak lima soal yang dipilih dari sepuluh soal yang telah divalidasi oleh satu guru matapelajaran matematika dan dua dosen Pendidikan Matematika. Penelitian dilakukan di kelas VIII A SMP Negeri 10 Jember setelah selesai diajarkan materi teorema Pythagoras. viii Pelaksanaan tes dilaksanakan pada Selasa, 25 November 2014, dilanjutkan dengan pengisian angket dan wawancara. Hasil penelitian berupa jawaban siswa yang dianalisis berdasarkan kategori kesalahan Newman yaitu kesalahan membaca soal Hasil analisis data menunjukkan bahwa kesalahan membaca soal Selain jawaban siswa, analisis dilakukan pada hasil angket dan wawancara. Dari hasil tersebut diperoleh data penyebab siswa melakukan kesalahan membaca soal
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61747
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository