• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI OPERASI HIMPUNAN KELAS VII D SMP NEGERI 11 JEMBER TAHUN AJARAN 2014/2015

    Thumbnail
    View/Open
    100210101039_1.pdf (637.7Kb)
    Date
    2015-03-12
    Author
    YUNITA MANDHAYANTI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Operasi Himpunan Kelas VII SMP Negeri 11 Jember Tahun Ajaran 2014/2015; Yunita Mandhayanti, 100210101039; 2014; halaman 89; Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Pendidikan MIPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember. Matematika memegang peranan penting dalam proses pembelajaran karena dapat menumbuhkan kemampuan bernalar yaitu berfikir sistematis, logis dan kritis dalam memecahkan masalah. Mengingat pentingnya mempelajari matematika, maka dalam proses belajar mengajar, guru sangat berperan dan mempunyai kewajiban untuk membimbing dan melatih siswa untuk memahami dan memecahkan masalah pada matematika. Berdasarkan informasi dari guru bidang studi matematika kelas VII D SMP Negeri 11 Jember, siswa sering kali mendapatkan nilai ketuntasan belajar dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Pembelajaran menggunakan Model pembelajaran berbasis proyek adalah pembelajaran yang memberikan kesempatan pada guru untuk mengelola pembelajaran di kelas dengan melibatkan kerja proyek. Kerja proyek memuat tugastugas yang kompleks berdasarkan permasalahan (problem) sebagai langkah awal dalam mengumpulkan dan mengintegrasikan pengetahuan baru berdasarkan pengalaman dalam beraktivitas secara nyata. Langkah-langkah dalam pembelajaran proyek antara lain penentuan pertanyaan mendasar (Start With the Essential Question, mendesain perencanaan proyek (Design a Plan for the Project), menyusun jadwal (Create a Schedule), memonitor siswa dan kemajuan proyek (Monitor the Students and the Progress of the Project), menguji hasil (Assess the Outcome), mengevaluasi pengalaman (Evaluate the Experience). Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan, aktivitas, dan hasil belajar Operasi Himpunan setelah penerapan model pembelajaran berbasis proyek/PjBL. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan mengadopsi model skema Hopkins yaitu model skema yang menggunanakan prosedur kerja yang dipandang sebagai siklus spiral dalam perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII D SMP Negeri 11 Jember yang berjumlah 28 siswa. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data adalah metode wawancara, dokumentasi, observasi, dan tes. Analisis data yang digunakan adalah adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Data yang akan dianalisis dalam penelitian ini adalah aktivitas siswa, aktivitas guru dan hasil belajar siswa yang terdiri dari tiga aspek yaitu sikap, pengetahuan dan keterampilan. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah persentase aktivitas guru pada siklus I sebesar 89,28% sedangkan pada siklus II aktivitas guru mencapai persentase sebesar 96,42%. Terjadi peningkatan aktivitas guru secara keseluruhan yaitu sebesar 7,14%. Persentase aktivitas siswa pada siklus I sebesar 75,43% dan pada siklus II sebesar 84,80%. Berdasarkan data tersebut aktivitas siswa mengalami peningkatan dari pembelajaran siklus I ke pembelajaran pada siklus II sebesar 9,37%. Sedangkan dan persentase hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 71,05% dan pada siklus II sebesar 81,57% dan dan peningkatan hasil belajar siswa sebesar 10,52%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran berbasis proyek berjalan dengan baik dan lancar karena dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa terhadap sub pokok bahasan Operasi Himpunan sehingga dapat dijadikan sebagai pertimbangan guru untuk menerapkan model pembelajaran ini pada materi yang lain dalam pembelajaran matematika.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61745
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository