PERBEDAAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI PADA KONSEP PENCEMARAN DAN KERUSAKAN LINGKUNGAN
Abstract
Perbedaan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write
Pendidikan merupakan ujung tombak kemajuan sebuah bangsa. Bangsa akan
menjadi maju apabila memiliki sumberdaya manusia
Tujuan dari penelitian antara lain:
viii
model Think Talk Write
Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 13 Jember pada kelas VII B
Penelitian dilaksanakan mulai tanggal 21 Mei sampai dengan 4 Juni 2014. Data
yang dikumpulkan yaitu penilaian aktivitas guru, penilaian kognitif dan afektif siswa
berupa lembar observasi. Perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa berbeda
signifikan
Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe Think
Talk Write di SMP Negeri 13 Jember berbeda secara signifikan sehingga dapat
meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa.