• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ALIH KODE DALAM PROSES BELAJAR-MENGAJAR KELAS VII MTS AL-KAUTSAR SRONO BANYUWANGI

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_Nurul Elfatul Faris_1_15.pdf (220.4Kb)
    Date
    2013-07-12
    Author
    Nurul Elfatul Faris
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kontak yang terjadi terus-menerus antara dua bahasa atau lebih di dalam situasi masyarakat yang bilingual cenderung mengakibatkan gejala kebahasaan yang disebut alih kode. Alih kode merupakan salah satu aspek ketergantungan bahasa di dalam masyarakat dwibahasawan. Artinya di dalam masyarakat dwibahasawan hampir tidak mungkin seorang penutur menggunakan satu bahasa tanpa sedikit pun memanfaatkan bahasa lain. Alih kode dapat terjadi dalam suatu proses belajar mengajar di kelas dan hal tersebut dilakukan dengan tujuan dan fungsi tersendiri. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah wujud alih kode dalam proses belajar-mengajar di kelas VII MTS “Al-Kautsar” Srono Banyuwangi, faktor yang melatarbelakangi terjadinya alih kode dalam proses belajar-mengajar di kelas VII MTS “Al-Kautsar” Srono Banyuwangi, dan fungsi alih kode dalam proses belajar- mengajar di kelas VII MTS “Al-Kautsar” Srono Banyuwangi. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi mengenai wujud, faktor penyebab dan fungsi alih kode yang terdapat dalam proses belajar-mengajar di kelas VII MTS “Al-Kautsar” Srono Banyuwangi. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif. Data dan sumber data dalam penelitian ini adalah tuturan yang terjadi antara guru dan siswa kelas VII MTS “Al-Kautsar” Srono Banyuwangi di dalam kelas selama proses belajar-mengajar berlangsung. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, rekam dan angket. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada dua, yaitu instrumen pengumpul data dan instrumen pemandu analisis data. Analisis data menggunakan langkah sebagai berikut: Menelaah data, Pengkodean data, Klasifikasi data, dan Menafsirkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua wujud alih kode dalam proses belajar-mengajar di Mts “Al-Kautsar” Srono Banyuwangi yang dilakukan oleh guru maupun siswa, yaitu alih kode intern dan alih kode ekstern. Alih kode intern terjadi dari bahasa Indonesia ke bahasa Jawa, bahasa Jawa ke bahasa Indonesia, bahasa Indonesia ke bahasa Madura, bahasa Indonesia ke bahasa Using, bahasa Jawa ragam ngoko ke bahasa Jawa ragam kromo, dan bahasa Indonesia ke Bahasa Kalimantan (kutai). Alih kode ekstern terjadi dari bahasa Arab ke bahasa Indonesia, bahasa Indonesia ke bahasa Arab, bahasa Inggris ke bahasa Indonesia, dan bahasa Indonesia ke bahasa Inggris. Faktor penyebab terjadinya alih kode dalam proses belajar-mengajar di Mts “Al-Kautsar” Srono Banyuwangi meliputi faktor mitra tutur, topik pembicaraan, penguasaan kosakata, kebiasaan, menciptakan humor, dan menaikkan gengsi. Fungsi alih kode yang terjadi dalam proses belajar-mengajar di Mts “Al- Kautsar” Srono Banyuwangi meliputi fungsi mencairkan suasana, menghormati lawan tutur, membedakan topik pembicaraan, membatasi lawan tutur, merahasiakan, menegur, melucu, memberi penekanan, dan menerjemahkan. Penelitian yang dilakukan tentang alih kode dalam proses belajar mengajar ini perlu dikembangkan karena masih terdapat kekurangan. Penelitian ini dapat dikembangkan dengan cara melihat dari sudut pandang lain karena masih banyak faktor dan fungsi yang dapat digali dari peristiwa alih kode ini. Penulis menyarankan bagi peneliti lain tentang perlunya dilakukan penelitian berikutnya dalam memahami alih kode dalam proses belajar mengajar di kelas agar menghasilkan penelitian yang lebih sempurna. Bagi mahasiswa, penulis menyarankan agar penelitian ini dikembangkan agar dapat diperoleh hasil yang lebih maksimal. Bagi guru SMP/Mts maupun SMA, penulis menyarankan agar lebih cermat memilih dan menggunakan bahasa ketika mengajar di kelas.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/617
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository