Show simple item record

dc.contributor.authorIqbal Fathoni Cahyo Hadi
dc.date.accessioned2015-03-11T10:04:14Z
dc.date.available2015-03-11T10:04:14Z
dc.date.issued2015-03-11
dc.identifier.nimNIM080210103006
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61695
dc.description.abstractPengembangan Bahan Ajar Etnobotani pada Muatan Lokal Sejarah Budaya Banyuwangi di Kelas XI SMA Negeri 1 Glagah Banyuwangi (Berbasis Kontekstual pada Sub Pokok Bahasan Pewarna dan Pengawet Alami Jajanan Tradisional); Iqbal Fathoni Cahyo Hadi, 080210103006, 2014, 49 halaman; Program Studi Pendidikan Biologi Jurusan Pendidikan MIPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember. Pada dasarnya pendidikan memegang peranan penting dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kualitas sumber daya menusia harus ditingkatkan melalui berbagai program pendidikan yang dilaksanakan secara sistematis dan terarah berdasarkan kepentingan yang mengacu pada kemajuan ilmu pendidikan dan teknologi. Banyuwangi memiliki sejarah yang mampu membentuk identitas budaya khas yang dapat membedakan budaya Banyuwangi dengan budaya daerah lain. Banyuwangi memiliki adat–istiadat, bahasa, dan keseniannya tersendiri yang terjaga dalam sebuah kearifan lokal. Demikian pula dengan keanekaragaman kuliner tradisional di Banyuwangi. Tidak semua makanan khas Banyuwangi dapat ditemukan di daerah lain. Pengetahuan tersebut perlu diberikan dalam materi di sekolah dalam materi muatan lokal. Salah satunya dengan menggunakan buku siswa. Bahan ajar yang dikembangkan dalam penelitian kali ini berupa buku siswa dengan menggunakan pendekatan kontekstual untuk siswa SMA. Pendekatan kontekstual dipilih dalam penyusunan buku siswa ini karena sesuai dengan karakter siswa dan materi muatan lokal yang membutuhkan penerapan dalam kehidupan sehari – hari. Buku siswa ini menjembatani siswa dalam mempelajari materi muatan lokal khususnya pada subpokok bahasan pewarna alami dan pengawet alami. Penelitian ini bertujuab mengembangkan dan menguji bahan ajar berbasis pendekatan kontekstual pada sub pokok bahasan pewarna alami dan pengawet alami di kelas XI SMA. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa bahan ajar yang dikembangkan berupa buku siswa adalah valid atau layak digunakan sebagai sumber belajar. Penilaian dilakukan oleh 4 orang validator ahli dengan rincian 2 orang validator materi, 1 orang validator design, 1 orang validator media. Hasil rata – rata penilaian dari para ahli validator adalah 75,02%. Selain nilai dari validator terdapat pula nilai hasil uji keterbacaan buku siswa dan angket respon siswa yang 78 didapat dari uji kelompok kecil. Nilai rata – rata total uji keterbacaan buku siswa adalah 70,67. Sedangkan nilai rata – rata angket repon siswa 85,71% siswa merespon positif. Berdasarkan data tersebut siswa berada dalam kategori pembaca independen dan memahami materi yang terdapat dalam buku siswa sehingga buku siswa yang dikembangkan dapat digunakan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210103006;
dc.subjectPENGEMBANGAN BAHAN AJAR ETNOBOTANI PADA MUATAN LOKAL SEJARAH BUDAYA BANYUWANGI DI KELAS XI SMA NEGERI 1 GLAGAH BANYUWANGI (Berbasis Kontekstual pada Sub Pokok Bahasan Pewarna dan Pengawet Alami Jajanan Tradisional)en_US
dc.titlePENGEMBANGAN BAHAN AJAR ETNOBOTANI PADA MUATAN LOKAL SEJARAH BUDAYA BANYUWANGI DI KELAS XI SMA NEGERI 1 GLAGAH BANYUWANGI (Berbasis Kontekstual pada Sub Pokok Bahasan Pewarna dan Pengawet Alami Jajanan Tradisional)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record