dc.description.abstract | Penggunaan Media Hypertext untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil
Belajar Mata Pelajaran Sejarah Peserta Didik Kelas X IPA 4 MAN 1 Jember
Tahun Ajaran 2014/2015; Nina Rizqi Amilia, 100210302065; 2014, xviii + 244
halaman; Progaram Studi Pendidikan Sejarah Jurusan Pendidikan Ilmu
Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember.
Pembelajaran sejarah di sekolah selama ini dianggap membosankan, baik
dari strategi, metode maupun teknik pembelajaran. Partisipasi belajar peserta didik
cenderung pasif, pengembangan keterampilan berpikir peserta didik masih dalam
tingkat rendah. Penggunaan Hypertext dalam pembelajaran sejarah disekolah akan
menimbulkan rasa keingin tahuan yang tinggi, dengan hal ini peserta didik akan
mampu memahami materi yang diberikan oleh pendidik dan dapat membantu
memecahkan permasalahan yang diajukan dalam proses pembelajaran. Dengan
cara tersebut peserta didik mampu memperoleh pengetahuan dan pengalaman
nyata sehingga peserta didik mampu berkreativitas sehinnga hasil belajar yang
diperoleh peserta didik dapat maksimal. Rumusan masalah dalam penelitian ini
adalah
viii
mata pelajaran sejarah;
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek dalam
penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPA 4 MAN 1 Jember, sejumlah 29
peserta didik. Desain penelitian ini menggunakan model penelitian Hopkins
dengan 4 tahapan dalam setiap siklusnya. Penelitian ini terdiri dari 3 siklus.
Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi,
wawancara, tes, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kreativitas peserta
didik dan hasil belajar sejarah. Peningkatan kreativitas pada siklus 1 = 64,43%,
meningkat 11,71% dari kreativitas pra siklus 56,46%, pada siklus 2 = 75%
meningkat 14,11% dari kreativitas siklus 1, pada siklus 3 = 71,98% meningkat
9,81% dari kreativitas siklus 2. Peningkatan hasil belajar aspek kognitif pada
siklus 1 = 76,58, meningkat 4,51% dari hasil belajar kognitif pra siklus 73,27,
pada siklus 2 = 81,72 meningkat 4,72% dari hasil belajar kogitif siklus 1, pada
siklus 3 = 79,89 meningkat 2,29% dari hasil belajar kogitif siklus 2.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah
Saran dari penelitian ini adalah | en_US |