dc.description.abstract | Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana pembelajaran agar peserta didik secara aktif pengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat,
bangsa, dan Negara. Untuk mewujudkan tujuan tersebut pendidik dituntut memberikan pengalaman belajar seluas-luasnya kepada peserta didik dalam mengembangkan keterampilan dan kemampuannya dalam proses pembelajaran.
Penilaian dalam pembelajaran sejarah masih mengacu pada penilaian yang hanya mengukur ranah kognitif semata sehingga peserta didik cenderung pasif dan kurang merangsang kreativitas peserta didik yang berakibat pada hasil pembelajaran tidak maksimal.
Penerapan penilaian otentik menjadi salah satu alternatif penilaian untuk mengukur keseluruhan proses dan hasil belajar peserta didik. Penilaian otentik memberikan kesempatan yang luas kepada peserta didik untuk menunjukkan apa yang telah dipelajari dan apa yang telah dikuasai dalam proses pembelajaran.
Pelaksanaan penilaian otentik didalam kelas terintegrasi dengan model pembelajaran yang mendukung proses belajar, dan peserta didik aktif mengevaluasi belajarnya sendiri. Penerapan penilaian otentik diharapkan mampu meningkatkan kreativitas dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah penerapan penilaian otentik dapat meningkatkan kreativitas belajar sejarah peserta didik kelas XI-IPS 4 tahun ajaran 2014/2015 MAN 1 Jember; (2) Apakah penerapan penilaian otentik dapat meningkatkan hasil belajar sejarah peserta didik kelas XIIPS 4 tahun ajaran 2014/2015 MAN 1 Jember. Tujuan penelitian ini adalah (1)
untuk meningkatkan kreativitas peserta didik melalui penerapan penilaian otentik dalam pembelajaran sejarah kelas XI-IPS 4 tahun ajaran 2014/2015 MAN 1 Jember; (2) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui penerapan penilaian otentik dalam pembelajaran sejarah kelas XI-IPS 4 tahun ajaran 2014/2015 MAN 1 Jember. Manfaat penelitian ini adalah (1) bagi peserta didik,
diharapkan dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar mata pelajaran sejarah; (2) bagi pendidik, sebagai bahan referensi, motivasi, dan rangsangan untuk mengimlementasikan penilaian otentik dalam pembelajaran sejarah; (3) bagi sekolah yang diteliti, sebagai masukan dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di MAN 1 Jember; (4) bagi peneliti lain, sebagai bahan informasi,
motivasi dan dorongan untuk melakukan penelitian yang sejenis sekaligus pengembangannya. | en_US |