• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN ACTIVE KNOWLEDGE SHARING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SEJARAH INDONESIA PESERTA DIDIK KELAS XI IPS 3 SMA NEGERI 1 BALUNG TAHUN AJARAN 2014/2015

    Thumbnail
    View/Open
    Fandu dyangga Pradeta - 100210302003_1.pdf (213.7Kb)
    Date
    2015-03-10
    Author
    FANDU DYANGGA PRADETA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penerapan Metode Pembelajaran Active Knowledge Sharing Untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Sejarah Indonesia Peserta Didik Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Balung Tahun Ajaran 2014/2015; Fandu Dyangga Pradeta, 100210302003; 2014: 257 halaman; Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember. Paradigma baru dalam pembelajaran pada kurikulum 2013, mengharapkan pendidik mampu bersikap interaktif dalam proses pembelajaran sebagai fasilitator dan mediator bagi peserta didik. Tujuan pengembangan dari kurikulum 2013 adalah menciptakan peserta didik yang lebih kreatif, produktif, inovatif, afektif melalui penguatan sikap, keterampilan, dan pengetahuan. Masalah yang terjadi dalam pengembangan pembelajaran sejarah yang diterapkan di kelas adalah penggunaan metode pembelajaran yang kurang sesuai. Penggunaan metode pembelajaran yang diterapkan pada umumnya masih menggunakan paradigma lama sebagai media penyampaian materi pembelajaran. Melihat dari kondisi yang terjadi, peserta didik cenderung pasif dan bosan dalam proses pembelajaran. Hal ini akan mempengaruhi rendahnya kreativitas dan hasil belajar peserta didik. Penerapan metode pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik akan memudahkan proses pembelajaran sejarah. Solusi yang tepat digunakan untuk mengatasi permasalahan di atas adalah dengan menggunakan metode pembelajaran yang tepat untuk disesuaikan dengan kondisi dalam kelas terutama pada peserta didik. Metode pembelajaran yang diharapkan mampu mengatasi permasalahan rendahnya kreativitas dan hasil belajar peserta didik adalah menggunakan metode pembelajaran Active Knowledge Sharing. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ( 1) Apakah penerapan metode pembelajaran Active Knowledge Sharing dalam pembelajaran sejarah Indonesia dapat meningkatkan kreativitas peserta didik siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Balung semester gasal tahun ajaran 2014/2015, ( 2) Apakah penerapan metode pembelajaran Active Knowledge Sharing dalam pembelajaran sejarah Indonesia dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Balung semester gasal tahun ajaran 2014/2015. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Balung, dengan jumlah 32 peserta didik. Desain penelitian ini menggunakan model skema penelitian Kemmis dan Mc Taggart yang berbentuk spiral dengan 4 tahapan dalan setiap siklusnya yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari 3 siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini kreativitas dan hasil belajar sejarah peserta didik menunjukkan peningkatan kreativitas belajar sejarah yaitu, dari pra siklus 51,71% meningkat sebesar 10.28% ke siklus I 57,03%. Pada siklus II 62,34% meningkat 9,31% dari siklus I. Pada siklus III 70,15% meningkat 12,52% dari siklus II. Pada peningkatan hasil belajar sejarah pada siklus I 59,37% meningkat 11,76% dari hasil belajar kogitif pra siklus 53,12%. Pada siklus II 71,87% meningkat 21,05% dari hasil belajar kogitif siklus I. Pada siklus III 87,5% meningkat 21,74% dari hasil belajar kogitif siklus II. Kesimpulan hasil penelitian: (1) terdapat peningkatan kreativitas peserta didik melalui penerapan menggunakan metode pembelajaran Active Knowledge Sharing dalam proses pembelajaran sejarah Indonesia di kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Balung; (2) terdapat peningkatan hasil belajar sejarah Indonesia peserta didik melalui penerapan menggunakan metode pembelajaran Active Knowledge Sharing dalam proses pembelajaran di kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Balung.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61672
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15466]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository