dc.description.abstract | Penerapan Metode Pembelajaran Berdasarkan Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
(Studi kasus pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Pokok Bahasan Karakteristik Wirausahawan Kelas X
PM 4 SMK PGRI 05 Jember Semester Gasal Tahun Pelajaran 2014-2015), Nanang Hari Sugianto,
070210301031, 2014, 49 halaman, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ilmu
Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember.
Metode pembelajaran pada mata pelajaran Kewirausahaan di SMK PGRI 05 Kencong Jember ini
masih menggunakan metode konvensional, yaitu berupa metode ceramah dan penugasan. Hal ini
menyebabkan hasil belajar siswa masih belum sesuai KKM di sekolah, karena mata pelajaran
Kewirausahaan merupakan salah satu mata pelajaran yang tidak hanya memerlukan pemahaman namun juga
aplikasi nyata tersebut. Oleh sebab itu, guru perlu menerapkan metode dalam proses pembelajaran yang
sesuai untuk meningkatan hasil belajar siswa yaitu dengan menerapkan Metode Pembelajaran Berdasarkan
Masalah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan Metode Pembelajaran
Berdasarkan Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Pokok
Bahasan Karakteristik Wirausahawan Kelas X PM 4 SMK PGRI 05 Jember Semester Gasal Tahun Pelajaran
2014-2015.
Metode Pembelajaran Berdasarkan Masalah menuntut siswa aktif karena kegiatan belajar dituntut
siswa dalam menemukan sendiri solusi dari permasalahan secara nyata dengan bimbingan dari guru.
Penerapan metode pembelajaran berdasarkan masalah ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pembelajaran pada
siklus I materi jiwa wirausaha yang pantang menyerah dan ulet, kemudian membentuk kelompok diskusi
dan memberikan topic permasalahan diskusi untuk didiskusikan dan dipresentasikan oleh masing-masing
kelompok kemudian dibahas bersama, lalu mengevaluasi belajar siswa dengan memberi kuis di akhir
pembelajaran. Pembelajaran pada siklus II sama dengan pembelajaran pada siklus I, hanya saja pada siklus
II penerapannya lebih ditekankan pada perbaikan pembelajaran siklus I.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus
yang meliputi kegiatan perencanaan, tindakan dan observasi, dan refleksi. Penentuan tempat penelitian
menggunakan metode purposive, yaitu pada kelas X PM 4 SMK PGRI 05 Jember Semester Gasal Tahun
Pelajaran 2014-2015 Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara
dan dokumen. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran berdasarkan masalah dapat
meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Kewirausahaan karakteristik wirausahawan Kelas X
9
PM 4 SMK PGRI 05 Jember Semester Gasal Tahun Pelajaran 2014-2015. Peningkatan pada hasil belajar
dibuktikan dengan pencapaian ketuntasan klasikal 75% pada siklus I menjadi 92.5% pada siklus II. | en_US |