• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    STRATEGI PEMASARAN HOME INDUSTRY BATIK TULIS SUMBERSARI MAESAN BONDOWOSO

    Thumbnail
    View/Open
    Devie Arini - 100210301084_1.pdf (116.9Kb)
    Date
    2015-03-10
    Author
    Devie Sonia Arini
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Strategi Pemasaran Home Industry Batik Tulis Sumbersari Maesan Bondowoso; Devie Sonia Arini, 100210301084; 2014: 67 halaman; Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember. Batik merupakan budaya asli Indonesia sebagai warisan leluhur yang patut dilestarikan sebagai kerajinan dari jaman kerajaan yang secara turun temurun proses pembuatannya tetap lestari hingga saat ini. Bahkan disetiap daerah di Indonesia memiliki corak dan ragam motif batik yang berbeda. Perkembangan jaman telah merubah seni batik menjadi sebuah usaha yang menjanjikan untuk dikembangkan menjadi produk jadi yang bereneka ragam dan mampu mendatangkan keuntungan. Batik Tulis Sumbersari Maesan Bondowoso merupakan salah satu home industry batik tulis yang ada di Kabupaten Bondowoso yang mampu berkembang bukan hanya memasarkan produknya dalam tingkat nasional saja tetapi mampu memasarkan produknya hingga kemancanegara. Mengusung konsep one product, one design, one colour telah menjadikan Batik Tulis Sumbersari Maesan Bondowoso sebagai satu-satunya batik tulis yang menjamin produk batiknya yang dipasarkan tidak akan memiliki produk yang kembar dipasaran. Pemilihan bahan baku yang berkualitas tinggi serta proses pembuatan batik tulis yang secara cermat dan teliti dikerjakan oleh tenaga-tenaga ahli dibidang batik menjadikan Batik Tulis Sumbersari Maesan Bondowoso menciptakan citra eksklusif dan elegan serta mewah dibenak konsumen. Penerapan strategi STP Penelitian ini menggunakan metode purposive area, sedangkan subjek pada penelitian merupakan pemilik Batik Tulis Sumbersari Maesan Bondowoso. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan pendekatan analisis deskriptif ix kualitatif dengan langkah-langkah pengumpulan data melalui wawancara mendalam Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa Batik Tulis Sumbersari Maesan Bondowoso menciptakan produk batik tulis dengan citra eksklusif dan elegan serta mewah dengan menentukan target pasarnya yaitu kalangan konsumen menengah keatas. Batik Tulis Sumbersari Maesan Bondowoso melakukan positioning dengan cara menempatkan diri sebagai batik tulis unggulan dibenak konsumen dengan selalu menjaga mutu dan kualitas produk batik tulisnya serta menonjolkan citra eksklusif dan elegan serta ditunjang dengan konsep yang matang yaitu one product one design one colour menjadikan Batik Tulis Sumbersari Maesan Bondowoso berkembang hingga kemancanegara seiring dengan perkembangan zaman.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61649
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository