STRATEGI PEMASARAN HOME INDUSTRY BATIK TULIS SUMBERSARI MAESAN BONDOWOSO
Abstract
Strategi Pemasaran Home Industry Batik Tulis Sumbersari Maesan Bondowoso;
Devie Sonia Arini, 100210301084; 2014: 67 halaman; Program Studi Pendidikan
Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember.
Batik merupakan budaya asli Indonesia sebagai warisan leluhur yang patut
dilestarikan sebagai kerajinan dari jaman kerajaan yang secara turun temurun proses
pembuatannya tetap lestari hingga saat ini. Bahkan disetiap daerah di Indonesia
memiliki corak dan ragam motif batik yang berbeda. Perkembangan jaman telah
merubah seni batik menjadi sebuah usaha yang menjanjikan untuk dikembangkan
menjadi produk jadi yang bereneka ragam dan mampu mendatangkan keuntungan.
Batik Tulis Sumbersari Maesan Bondowoso merupakan salah satu home
industry batik tulis yang ada di Kabupaten Bondowoso yang mampu berkembang
bukan hanya memasarkan produknya dalam tingkat nasional saja tetapi mampu
memasarkan produknya hingga kemancanegara. Mengusung konsep one product, one
design, one colour telah menjadikan Batik Tulis Sumbersari Maesan Bondowoso
sebagai satu-satunya batik tulis yang menjamin produk batiknya yang dipasarkan
tidak akan memiliki produk yang kembar dipasaran.
Pemilihan bahan baku yang berkualitas tinggi serta proses pembuatan batik
tulis yang secara cermat dan teliti dikerjakan oleh tenaga-tenaga ahli dibidang batik
menjadikan Batik Tulis Sumbersari Maesan Bondowoso menciptakan citra eksklusif
dan elegan serta mewah dibenak konsumen. Penerapan strategi STP
Penelitian ini menggunakan metode purposive area, sedangkan subjek pada
penelitian merupakan pemilik Batik Tulis Sumbersari Maesan Bondowoso. Data yang
terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan pendekatan analisis deskriptif
ix
kualitatif dengan langkah-langkah pengumpulan data melalui wawancara mendalam
Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa Batik Tulis
Sumbersari Maesan Bondowoso menciptakan produk batik tulis dengan citra
eksklusif dan elegan serta mewah dengan menentukan target pasarnya yaitu kalangan
konsumen menengah keatas. Batik Tulis Sumbersari Maesan Bondowoso melakukan
positioning dengan cara menempatkan diri sebagai batik tulis unggulan dibenak
konsumen dengan selalu menjaga mutu dan kualitas produk batik tulisnya serta
menonjolkan citra eksklusif dan elegan serta ditunjang dengan konsep yang matang
yaitu one product one design one colour menjadikan Batik Tulis Sumbersari Maesan
Bondowoso berkembang hingga kemancanegara seiring dengan perkembangan
zaman.