dc.description.abstract | Perbedaan Efektivitas Pembelajaran yang Menggunakan Program MYOB dengan Program GnuCash pada Kompetensi Dasar Mengentri Transaksi Kebutuhan dunia kerja saat ini mulai berkembang mengikuti kemajuan teknologi informasi
Penelitian ini merupakan jenis penelitian komparatif yaitu, untuk mengetahui perbedaan efektifitas pembelajaran yang menggunakan program MYOB dengan program GnuCash pada kompetensi dasar mengentri transaksi kelas XII Akuntansi di SMK Negeri 1 Lumajang. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random
sampling. Kelas XII AK 1 yang terpilih sebagai kelas eksperimen sedangkan kelas XII AK 2 sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, wawancara, dan dokumen. Analisis data yang digunakan yaitu
independen sampel t-tes.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan program MYOB dengan program GnuCash dapat mencapai tujuan pembelajaran. Selain itu ada perbedaan yang signifikan pembelajaran yang menggunakan program MYOB dengan program GnuCash. Nilai rata-rata keterampilan siswa yang menggunakan
program MYOB sebesar 84,85 sedangkan nilai rata-rata keterampilan siswa yang menggunakan program GnuCash yaitu 90,62. Nilai tersebut menunjukkan bahwa nilai rata-rata keterampilan siswa kelas eksperimen lebih tinggi 5,77 daripada kelas kontrol.Selain itu nilai rata-rata tes siswa yang menggunakan program MYOB sebesar 78,12 sedangkan nilai rata-rata tes siswa yang menggunakan program GnuCash yaitu 89,00. Nilai tersebut menunjukkan bahwa nilai kelas eksperimen lebih tinggi 10,88
daripada kelas kontrol. Hal ini juga dibuktikan dengan menggunakan uji independent sampel t-tes untuk nilai keterampilan, nilai t hitung
lebih besar dari t atau 3,903 > 1,990 sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya perbedaan yang signifikan antara nilai tes kelas kontrol dan kelas eksperimen. Selain itu uji independen sampel t-tes
untuk nilai tes menunjukkan nilai t hitung lebih besar dari t atau 8,621 > 1,990.
Dengan demikian pembelajaran menggunakan program GnuCash pada mata pelajaran komputer akuntansi kompetensi dasar mengentri transaksi lebih efektif dalam mencapai tujuan pembelajaran. | en_US |