PERBEDAAN KETERAMPILAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA APLIKASI MICROSOFT EXCEL DAN MICROSOFT ACCESS (STUDI KASUS PADA SISWA KELAS XI IPS PADA KOMPETENSI DASAR POSTING DI SMAN 1 ARJASA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2013/2014)
Abstract
Perbedaan Keterampilan dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran
Akuntansi Dengan Menggunakan Media Aplikasi Microsoft Excel dan Microsoft
Access (studi kasus pada siswa kelas XI IPS pada kompetensi dasar posting di
SMAN 1 arjasa semester genap tahun ajaran 2013/2014);. Akhmad Dairobi;
080210301048; 2014; 50 halaman; Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember.
Keterampilan dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMAN 1 Arjasa
tergolong sedang. Hal ini karena media pembelajaran yang digunakan oleh guru
selama ini berupa aplikasi microsoft excel mampu membantu siswa dalam proses
pembelajaran akuntansi. Siswa mampu menguasai penggunaan software akuntansi
microsoft excel namun pemanfaatannya masih belum maksimal. Hal ini karena
adanya kelemahan yang dimiliki media ini. Kelemahan tersebut antara lain: tampilan
yang masih kaku, tidak memiliki menu yang jelas, menggunakan formula yang rumit,
maupun langkah yang harus dilakukan siswa banyak. Oleh karena itu penggunaan
media aplikasi komputer akuntansi microsoft access menjadi perlu. Penggunaan
media aplikasi komputer akuntansi microsoft access diharapkan dapat membantu
proses pembelajaran sehingga siswa memiliki keterampilan dan hasil belajar yang
lebih tinggi.
Penelitian ini merupakan Penelitian kuasi eksperimen yang bertujuan untuk 1)
mengetahui adanya perbedaan yang signifikan pada keterampilan siswa kelas XI IPS
SMAN 1 Arjasa pada kompetensi dasar posting yang diajarkan dengan menggunakan
media aplikasi komputer microsoft excel dan dengan menggunakan microsoft access.
2) mengetahui adanya perbedaan yang signifikan pada hasil belajar siswa kelas XI
IPS SMAN 1 Arjasa pada kompetensi dasar posting yang diajarkan dengan
vii
menggunakan media aplikasi komputer microsoft excel dan dengan menggunakan
microsoft access.
Penelitian ini dilakukan di kelas XI IPS SMAN 1 Arjasa Jember. Metode
penentuan lokasi menggunakan metode purposive area. Subyek yang diteliti adalah
siswa kelas XI IPS. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X1 IPS 1, X1
IPS 2, dan kelas XI IPS 3. Sampel yang digunakan adalah kelas X1 IPS 1 sebagai
kelas kontrol, dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen. Metode pengumpulan
data yang digunakan adalah metode observasi, tes, wawancara, dan dokumen. Teknik
analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji mann-witney u dan uji t.
Uji mann-witney u digunkan untuk menganalisa hasil observasi pada aspek
keterampilan. Uji t digunakan untuk menganalisa hasil belajar pada ranah kognitif.
Sebelum melakukan mann-witney u terlebih dahulu dilakukan uji normalitas
menggunakan teknik Shapiro-Wilk dan uji homogenitas. Sebelum melakukan uji t
terlebih dahulu dilakukan uji normalitas menggunakan teknik Shapiro-Wilk.
Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan keterampilan yang signifikan
antara siswa yang diajar menggunakan media microsoft excel dan microsoft access.
Hal ini dapat dibuktikan dari hasil uji mann-witney. nilai U sebesar 372 dan nilai
W sebesar 1038. Apabila dikonversikan ke nilai Z maka besarnya -3,450. Nilai Sig
atau P Value sebesar 0,001. Nilai dari p value lebih kecil dari batas kritis 0,05. Nilai p
value yang lebih kecil dari nilai batas kritis 0,05 menunjukkan terdapat perbedaan
bermakna pada skor keterampilan siswa kelas XI IPS SMAN 1 Arjasa pada
kompetensi dasar posting yang diajarkan dengan menggunakan media aplikasi
komputer microsoft excel dan dengan menggunakan microsoft access. Hasil tes
menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang diajar
menggunakan media aplikasi komputer akuntansi microsoft excel dan microsoft
access. Hal ini dibuktikan dengan uji t. Nilai t-hitung dalam uji t adalah 2,859 yang
lebih besar dari nilai t-tabel 1.66691 pada taraf signifikasi 0,05. Hal ini berarti
hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hipotesis alternatif
(Ha) yang diterima menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara nilai post-
viiitest pada kelas yang diajarkan menggunakan media aplikasi komputer akuntansi
akuntansi microsoft excel dan microsoft access.