dc.description.abstract | Meningkatkan Keterampilan Menulis Karya Ilmiah dengan Metode SAVI pada
Siswa Kelas XI di SMA Negeri 2 Genteng 2013/2014 dalam Menulis Karya Ilmiah;
Rezaldi Arie Subekti, 100210402010; 2014: 83 halaman; Program Studi Pendidikan
Bahasa dan Sastra Indonesia Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni Fakultas Keguruan
dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember.
Pembelajaran menulis di sekolah bertujuan melatih siswa untuk bisa
menguasai berbagai kompetensi, salah satunya adalah menulis makalah ilmiah.
Berdasarkan observasi yang dilakukan di SMA Negeri 2 Genteng, dapat diketahui
bahwa keterampilan siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 2 Genteng dalam menulis
makalah ilmiah tergolong rendah dibandingkan kelas lainnya. Makalah ilmiah yang
ditulis siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 2 Genteng ditemukan beberapa kesalahan
seperti: tema, sistematika, tanda baca, kata baku, dan penggunaan kalimat tidak
efektif. Siswa yang tuntas dalam pembelajaran menulis makalah ilmiah sebanyak 9
orang, sedangkan 21 orang sisanya tidak tuntas. Artinya, keterampilan siswa dalam
menulis makalah ilmiah masih kurang. Untuk mengatasi masalah pada pembelajaran
menulis makalah ilmiah maka perlu ada perbaikan dengan menerapkan metode SAVI.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yakni bagaimanakah penerapan
metode SAVI pada pembelajaran menulis karya ilmiah pada siswa kelas XI IPA 1
SMA Negeri 2 Genteng dan bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis karya
ilmiah pada siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 2 Genteng setelah diterapkannya
metode SAVI. Berdasarkan rumusan masalah di atas, tujuan penelitian yakni
mendeskripsikan penerapan metode SAVI (Somatic Auditory Visual Intellegence)
untuk meningkatkan keterampilan menulis makalah pada siswa kelas XI IPA 1 SMA
Negeri 2 Genteng dan mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis makalah
ilmiah siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 2 Genteng setelah diterapkan metode
SAVI.
vii
Pengambilan data dalam penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2
Genteng Banyuwangi, dimulai pada 28 April 2014 untuk tahap observasi serta pada
3 dan 10 Mei 2014 untuk tahap penelitian. Subjek penelitian adalah 30 siswa kelas XI
IPA 1 SMA Negeri 2 Genteng. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas.
Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, tes,
wawancara, dan dokumentasi.
Proses penerapan metode SAVI untuk meningkatkan keterampilan siswa
dalam menulis makalah sebagai berikut. Somatik : siswa membentuk kelompok
dalam mengerjakan tugas; siswa mendiskusikan tugas yang diberikan oleh guru.
Auditory : siswa mendengarkan penjelasan dari guru tentang menulis makalah ilmiah;
siswa bertanya mengenai materi makalah ilmiah yang diajarkan. Visual : siswa
membaca materi dari powepoint dan contoh makalah ilmiah. Intelektual : siswa
mengerjakan tugas secara berkelompok. Tahap-tahap tersebut berjalan dengan baik
serta menunjukkan peningkatan dari siklus I ke siklus II. Penerapan metode SAVI
dalam pembelajaran menulis karya ilmiah dapat meningkatkan keterampilan siswa
menulis makalah ilmiah berdasarkan tema, sistematika, tanda baca, pemilihan kata
baku, dan kalimat efektif pada kelas XI IPA 1 SMA Negeri 2 Genteng. Siswa terlihat
lebih aktif, percaya diri, dan antusias dalam mengikuti pelajaran. Hal tersebut
disebabkan oleh adanya pembelajaran yang menggabungkan gerakan fisik dengan
aktivitas intelektual. Penerapan metode SAVI berjalan sesuai dengen rencana dan
menunjukkan peningkatan dari prasiklus, siklus I, dan siklus II. Peningkatan hasil
belajar siswa meningkat dari 30% atau 9 siswa yang tuntas pada prasiklus menjadi
53% atau 16 siswa yang tuntas pada siklus 1. Kemudian, meningkat dari 53% atau 16
siswa yang tuntas pada siklus I menjadi 80% atau 24 siswa yang tuntas pada siklus II.
Oleh karena itu, dapat ditarik kesimpulan bahwa penelitian mengenai penerapan
metode SAVI dapat meningkatkan keterampilan siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 2
Genteng Banyuwangi tahun pelajaran 2013/2014 dalam menulis makalah ilmiah. | en_US |