TINDAK TUTUR DIREKTIF GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IX SMP ISLAM AL HIKMAH JEMBER
Abstract
Tindak Tutur Direkti Guru dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IX
SMP Islam AL Hikmah Jember; Elok Puji Prayekti; 070210402084; 2014; 33
halaman; Program Studi pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia; Jurusan
Pendidikan bahasa dan Seni; Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan; Universitas
Jember.
Yayasan Pendidikan Islam AL Hikmah Jember merupakan lembaga
pendidikan swasta yang menggunakan kurikulum yaitu kurikulum 2013. Salah satu
peristiwa berbahasa yang menarik dikaji secara pragmatik, khususnya pada aspek
tindak tutur adalah peristiwa tutur yang terjadi antara guru dan siswa SMP dalam
pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IX SMP Islam AL Hikmah Jember. Proses
pembelajaran dikelas merupakan wujud tindak tutur seorang guru dalam mentransfer
ilmu pada siswanya. Dalam proses tuturan tersebut sering kali guru melakukan
ujaran direktif. Pada kelas IX SMP Islam AL Hikmah Jember.
Berdasarkan hal tersebut, permasalahan penelit ian ini adalah (1)
bagaimanakah kategori t indak tutur direktif pada tuturan guru dalam pembelajaran
bahasa Indonesia di Kelas IX SMP Islam Al Hikmah Jember, (2) bagaimanakah
konstruksi t indak tutur direktif pada tuturan guru dala pembelajaran bahasa Indonesia
kelas IX SMP Islam Al Hikmah Jember, Sesuai dengan permasalahan penelit ian,
tujuan penelit ian ini adalah untuk mengetahui (1) Untuk mengetahui t indak tutur
direktif pada tuturan guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia di Kelas IX SMP
Islam Al Hikmah Jember, (2) Untuk mengetahui konstruksi t indak tutur direktif pada
tuturan guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas IX SMP Islam Al
Hikmah Jember.
Rancangan yang digunakan pada penelit ian ini adalah kualitatif. Jenis
penelit ian deskriptif. Data penelit ian berupa tuturan beserta konteksnya yang
diindikasikan sebagai t indak tutur direktif yang digunakan guru dalam pembelajaran
bahasa Indonesia kelas IX SMP Islam Al Hikmah Jember.
ix
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasannya ditemukan enam kategori
tindak tutur direktif guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas IX SMP Islam
Al Hikmah Jember. Enam kategori tindak tutur yang dimaksud adalah requestives,
questionis, requirements, prohibitives, permissives, dan advisoris. Sedangkan
konstruksinya terdiri dari konstruksi makna imperatif yang terdiri dari makna
imperatif perintah, imperatif larangan, imperatif permintaan, imperatif suruhan,
imperatif desakan, imperatif persilaan, imperatif anjuran, dan imperatif mengijinkan.
Berdasarkan hasil penelit ian ada beberapa saran yang terkait dengan
penelit ian ini, (1) bagi mahasiswa FKIP Program Studi Pendidikan Bahasa dan
Sastra Indonesia, disarankan hasil penelit ian ini sebagai alternatif referensi mata
kuliah pragmatik, (2) bagi guru bahasa Indonesia, disarankan hasil penelit ian ini
sebagai masukan untuk pengembangan materi pembelajaran di sekolah, (3) bagi
penelit i kajian pragmatik slanjutnya, disarankan hasil penelit ian ini agar lebih
dikembangkan secara mendalam yang berkaitan dengan kajian pragmatik.