Show simple item record

dc.contributor.authorAnggie Lestantiya Febriyanti
dc.date.accessioned2015-03-06T08:06:33Z
dc.date.available2015-03-06T08:06:33Z
dc.date.issued2015-03-06
dc.identifier.nimNIM100210402050
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61591
dc.description.abstractAnalisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Teks Hasil Observasi Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII SMP Negeri 1 Genteng Tahun Ajaran 2014/2015; Anggie Lestantiya Febriyanti, 100210402050; 2014; Jurusan Bahasa dan Seni; Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan; Universitas Jember. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran merupakan rencana pembelajaran yang dikembangkan secara rinci dari suatu materi pokok atau tema tertentu yang mengacu pada silabus. Setiap guru berkewajiban menyusun RPP sebelum melaksanakan kegiatan belajar mengajar di kelas agar pembelajaran yang dilakukan sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Seiring dengan perubahan kurikulum, masih banyak guru yang belum mengetahui secara pasti tentang penyusunan RPP berdasarkan kurikulum 2013 mengingat belum semua sekolah menerapkan kurikulum tersebut. Berdasarkan permasalahan tersebut maka dalam penelitian ini ingin mengetahui RPP yang dibuat oleh guru pada sekolah yang sudah menerapkan kurikulum 2013, yaitu SMP Negeri 1 Genteng dengan rumusan masalah: Bagaimanakah 1) Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif-kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah RPP teks hasil observasi yang ditulis oleh guru bahasa Indonesia kelas VII SMP Negeri 1 Genteng dalam bentuk hardcopy, sedangkan data dalam penelitian ini di peroleh dari kata-kata dan kalimat yang menunjukkan kondisi komponen dalam RPP materi pokok teks hasil observasi. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi yang disertai dengan wawancara. Teknik analisis data yaitu pereduksian data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 7 psikomotor abstrak yang di dalamnya memuat keterampilan menulis, membaca, dan berbicara. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dalam rumusan indikator telah mencakup ranah kognitif, afektif, dan psikomotor. Ranah kognitif terdiri dari C2, C3, C4, dan C5. Ranah afektif meliputi sikap kepada Tuhan YME dan sikap sosial. Pada skenario pembelajaran isi rinciannya tidak dijabarkan pertemuan demi pertemuan. Variasi metode yang sering digunakan yaitu diskusi yang dilanjutkan dengan presentasi. Pada penilaian sudah dilengkapi dengan lembar pengamatan dan pedoman penskoran. Relevansi antarkomponen sudah baik kaena sudah sesuai dengan KI, KD, hanya saja sebagian antarkomponennya tidak relevan. Saran yang diberikan dalam penelitian ini 1)en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries100210402050;
dc.subjectANALISIS RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEKS HASIL OBSERVASI DALAM PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VII SMP NEGERI 1 GENTENG TAHUN AJARAN 2014/ 2015en_US
dc.titleANALISIS RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEKS HASIL OBSERVASI DALAM PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VII SMP NEGERI 1 GENTENG TAHUN AJARAN 2014/ 2015en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record