Show simple item record

dc.contributor.authorAkmalia Nur Puspita
dc.date.accessioned2015-03-06T08:02:43Z
dc.date.available2015-03-06T08:02:43Z
dc.date.issued2015-03-06
dc.identifier.nimNIM100210402098
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61590
dc.description.abstractPenyimpangan Kalimat Berbahasa Indonesia dalam Artikel Mahasiswa Program Studi Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember; Akmalia Nur Puspita; 100210402098; 2014; 117 halaman; Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember. Bahasa merupakan sarana komunikasi yang digunakan manusia dalam berinteraksi dengan manusia lainnya. Penyimpangan dalam praktik berbahasa tulis ditemukan dalam artikel mahasiswa program studi bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember. Kesalahan yang ditemukan menunjukkan bahwa pemahaman kaidah berbahasa Indonesia tulis di kalangan mahasiswa program studi bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember masih kurang. Bentuk-bentuk kesalahan berbahasa Indonesia yang ditemukan dalam artikel dikaji menggunakan taksonomi siasat permukaan, seperti adanya penambahan, penghilangan, salah susun dan salah formasi. Mahasiswa program studi bahasa Inggris merupakan cendekiawan Indonesia yang secara aktif mempelajari bahasa asing. Mahasiswa tersebut di masa mendatang akan menjadi ahli bahasa, sehingga harus mampu menerapkan kaidah berbahasa Indonesia dengan baik dan benar. Rumusan masalah dalam penelitian ini, mengenai 1) kesalahan penambahan (addition) dalam artikel mahasiswa program studi bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember?; 2) kesalahan penghilangan (omission) dalam artikel mahasiswa program studi bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember?; 3) kesalahan susun (misordering) dalam artikel mahasiswa program studi bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember?; 4) kesalahan formasi (misformation) dalam artikel mahasiswa program studi bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember?. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan temuan tentang 1) kesalahan penambahan (addition) dalam artikel mahasiswa program studi bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember; 2) kesalahan ix penghilangan (omission) dalam artikel mahasiswa program studi bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember; 3) kesalahan susun (misordering) dalam artikel mahasiswa program studi bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember; 4) kesalahan formasi (misformation) dalam artikel mahasiswa program studi bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan rancangan kualitatif. Data penelitian ini adalah data tertulis berupa kalimat-kalimat berbahasa Indonesia dalam artikel yang diindikasikan ada penyimpangan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini terdiri atas: tahap reduksi data, tahap penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa ditemukan empat bentuk penyimpangan kalimat berbahasa Indonesia, yaitu a) kesalahan penambahan; b) kesalahan penghilangan; c) kesalahan susun; d) kesalahan formasi. Umumya kesalahan yang ditemukan ialah kesalahan penambahan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disampaikan saran sebagai berikut: 1) bagi mahasiswa, hendaknya digunakan sebagai bahan diskusi dalam pembelajaran kesalahan berbahasa; 2) bagi dosen analisis kesalahan berbahasa, hasil penelitian ini hendaknya digunakan sebagai bahan diskusi dalam pembelajaran kesalahan berbahasa dan disarankan untuk mengarahkan mahasiswa agar tidak terjadi kesalahan yang serupa, sehingga mahasiswa tidak memandang remeh pembelajaran bahasa Indonesia; 3) bagi guru dan pengajar bahasa, khususnya bahasa Indonesia secara rinci memberikan pengajaran penggunaan bahasa yang benar, dan hasil penelitian ini dapat dijadikan salah satu sumber informasi untuk menghindari serta memperbaiki bentukbentuk kesalahan berbahasa; 4) Peneliti kesalahan berbahasa disarankan untuk mengembangkan penelitian serupa tentang bentuk-bentuk kesalahan berbahasa Indonesia dalam lisan maupun tulisan menggunakan taksonomi kesalahan berbahasa yang lainnya.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries100210402098;
dc.subjectPENYIMPANGAN KALIMAT BERBAHASA INDONESIA DALAM ARTIKEL MAHASISWA PROGRAM STUDI BAHASA INGGRIS FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS JEMBERen_US
dc.titlePENYIMPANGAN KALIMAT BERBAHASA INDONESIA DALAM ARTIKEL MAHASISWA PROGRAM STUDI BAHASA INGGRIS FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record