PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN IOC ( MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN MENCERITAKAN TOKOH-TOKOH SEJARAH PADA MASA HINDU-BUDHA DAN ISLAM DI INDONESIA DI SDN TANJUNGREJO 05 JEMBER
Abstract
Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran IOC
Salah satu model pembelajaran dalam pendekatan kontekstual yaitu model
pembelajaran IOC
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh penerapan
model pembelajaran IOC
Pengambilan data dalam penelitian ini dilaksanakan di SDN Tanjungrejo
05 Jember, dimulai tanggal 23 September sampai dengan 6 Oktober 2014.
Populasi penelitian adalah siswa kelas V-A dan kelas V-B dengan jumlah siswa
masing-masing kelas 42 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental
sebenarnya atau true experimental dengan pola pre-test post-test control group
design. Pengumpulan data menggunakan metode tes yang berupa tes tulis pilihan
ganda pada pre-test dan post-test.
Pada penelitian ini, kelas V-B bertindak sebagai kelas eksperimen yaitu
kelas yang menerapkan model pembelajaran IOC
vii
mengajar dilakukan uji homogenitas dengan menggunakan data hasil Ulangan
Harian. Uji Homogenitas dilakukan menggunakan program statistik SPSS versi 20
dengan taraf signifikansi 5%. Dari uji t diperoleh hasil sebesar 0,589. Hasil
tersebut kemudian dikonsultasikan dengan = 1,9927. Hasil tersebut dapat
diketahui bahwa hasil <
independen antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol berdasarkan nilai selisih
antara pre-test dan post-test. Nilai siswa dengan menerapkan model pembelajaran
IOC
1,9927 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara
nilai siswa yang diajar dengan menerapkan model pembelajaran IOC
Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh penerapan model
pembelajaran IOC