• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN IOC ( MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN MENCERITAKAN TOKOH-TOKOH SEJARAH PADA MASA HINDU-BUDHA DAN ISLAM DI INDONESIA DI SDN TANJUNGREJO 05 JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Yudita Dwi Puspitasari - 100210204064_1.pdf (95.16Kb)
    Date
    2015-03-06
    Author
    Yudita Dwi Puspitasari
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran IOC Salah satu model pembelajaran dalam pendekatan kontekstual yaitu model pembelajaran IOC Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh penerapan model pembelajaran IOC Pengambilan data dalam penelitian ini dilaksanakan di SDN Tanjungrejo 05 Jember, dimulai tanggal 23 September sampai dengan 6 Oktober 2014. Populasi penelitian adalah siswa kelas V-A dan kelas V-B dengan jumlah siswa masing-masing kelas 42 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental sebenarnya atau true experimental dengan pola pre-test post-test control group design. Pengumpulan data menggunakan metode tes yang berupa tes tulis pilihan ganda pada pre-test dan post-test. Pada penelitian ini, kelas V-B bertindak sebagai kelas eksperimen yaitu kelas yang menerapkan model pembelajaran IOC vii mengajar dilakukan uji homogenitas dengan menggunakan data hasil Ulangan Harian. Uji Homogenitas dilakukan menggunakan program statistik SPSS versi 20 dengan taraf signifikansi 5%. Dari uji t diperoleh hasil sebesar 0,589. Hasil tersebut kemudian dikonsultasikan dengan = 1,9927. Hasil tersebut dapat diketahui bahwa hasil < independen antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol berdasarkan nilai selisih antara pre-test dan post-test. Nilai siswa dengan menerapkan model pembelajaran IOC 1,9927 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara nilai siswa yang diajar dengan menerapkan model pembelajaran IOC Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh penerapan model pembelajaran IOC
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61588
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository