PENERAPAN METODE DISKUSI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III DALAM PEMBELAJARAN PKn TEMA LINGKUNGAN DI SDN SUMBERLESUNG 02 LEDOKOMBO JEMBER TAHUN AJARAN 2014-2015
Abstract
Penerapan Metode Diskusi Dengan Menggunakan Media Gambar untuk
Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas III dalam
Pembelajaran Pkn Tema Lingkungan di SDN Sumberlesung 02 Ledokombo
Jember Tahun Ajaran 2014-2015”; Tri Intan Sari; 100210204139; 2010; 73
halaman; Program studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Ilmu
Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Kondisi awal yang diperoleh peneliti dari hasil observasi, diketahui bahwa
guru masih menggunakan metode mengajar yang bersifat konvensional
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sumberlesung 02 Ledokombo Jember.
Penelitian ini dilakukukan dalam 2 siklus. Jumlah siswa kelas III seluruhnya
adalah 27 orang. Jumlah siswa laki-laki sebanyak 7 siswa, dan siswa perempuan
sebanyak 20 siswa. Dalam penelitian ini, jenis penelitian yang digunakan adalah
penelitian tindakan kelas
Hasil observasi awal mengenai aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III
menunjukkan bahwa persentase rata-rata aktivitas siswa kelas III dalam
pembelajaran PKn yaitu 51% dan termasuk pada kriteria cukup. Adapun hasil
dokumentasi mengenai hasil belajar siswa kelas III dalam pembelajaran PKn yang
diperoleh dari ulangan harian, menunjukkan bahwa skor rata-rata hasil belajar
viii
siswa kelas III pada pra siklus adalah 48% dan termasuk pada kriteria hasil belajar
kurang.
Hasil penelitian menunjukkan, bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan
hasil belajar siswa kelas III dengan penerapan metode diskusi menggunakan
media gambar. Berdasarkan hasil analisis data mengenai aktivitas belajar siswa
kelas III pada siklus I dan II, diperoleh data bahwa pada siklus I perolehan
persentase rata-rata aktivitas belajar siswa adalah 73,2% dan termasuk pada
kriteria aktif. Pada siklus II terjadi peningkatan yaitu 83,6% dan termasuk pada
kriteria sangat aktif. Sedangkan hasil analisis data mengenai hasil belajar siswa
kelas III pada siklus I dan siklus II, diperoleh data bahwa skor rata-rata hasil
belajar siswa pada siklus I adalah 75,14 dan termasuk pada kriteria hasil belajar
baik, sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 86 dan termasuk pada
kriteria hasil belajar sangat baik.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah berdasarkan hasil observasi aktivitas
dan hasil belajar siswa kelas III di SDN Sumberlesung 02 Ledokombo Jember
dari pra siklus, siklus I, dan siklus II, terjadi peningkatan aktivitas dan hasil
belajar. Saran bagi kepala sekolah hendaknya dapat menyarankan kepada guru
untuk menggunakan metode diskusi dan menggunakan media gambar dalam
pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa serta dapat
menggunakan metode diskusi sebagai salah satu alternatif dalam pemilihan
metode pembelajaran dalam pembelajaran PKn. Bagi peneliti lain hendaknya
dapat dijadikan sebagai informasi untuk melakukan penelitian sejenis dengan
bahasan yang berbeda dan hendaknya dapat dijadikan sebagai bahan acuan atau
referensi mengenai penerapan metode diskusi.