• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PENGUMUMAN DENGAN TEKNIK PEER CORRECTION PADA SISWA KELAS IV A DI SDN SEMBORO 04 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2013/2014

    Thumbnail
    View/Open
    Indi Meturana Kharisma - 100210204162_1.pdf (1.251Mb)
    Date
    2015-03-06
    Author
    Indi Meturana Kharisma
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Peningkatan Keterampilan Menulis Pengumuman dengan Teknik Peer Correction pada Siswa Kelas IV A di SDN Semboro 04 Jember Tahun Pelajaran 2013/2014; Indi Meturana Kharisma; 100210204162; 71 halaman; Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember. Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk SD kelas IV semester 2, salah satu kompetensi dasar yang harus dicapai siswa dalam menulis adalah menulis pengumuman dengan bahasa yang baik dan benar, serta memperhatikan penggunaan ejaan, namun kenyataan yang ditemukan di lapangan, masih banyak siswa yang belum mampu menulis pengumuman menggunakan bahasa yang baik dan belum menggunakan ejaan serta tanda baca dengan benar. Hasil observasi awal yang dilakukan pada siswa kelas IV A SDN Semboro 04 Jember, keterampilan menulis siswa masih rendah karena pembelajaran bahasa Indonesia, khususnya menulis masih belum menggunakan teknik pembelajaran yang tepat dan siswa belum terlibat aktif dalam pembelajaran. Saat menulis, siswa masih merasa kesulitan, baik dalam menulis kosakata, ejaan, penggunaan kata hubung, membuat kalimat efektif, bahkan dalam menggunakan tanda baca. Oleh karena itu diperlukan suatu alternatif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis pengumuman melalui teknik peer correction karena dengan teknik tersebut siswa dapat aktif dalam pembelajaran meuulis. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah penerapan teknik peer correction untuk meningkatkan keterampilan menulis pengumuman pada siswa kelas IV A di SDN Semboro 04 Jember tahun pelajaran 2013/2014, (2) Bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis pengumuman setelah diterapkannya teknik peer correction pada siswa kelas IV A di SDN Semboro 04 Jember tahun pelajaran 2013/2014. Berdasarkan rumusan masalah tersebut penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan teknik peer viii correction untuk meningkatkan keterampilan menulis pengumuman pada siswa kelas IV A di SDN Semboro 04 Jember tahun pelajaran 2013/2014, (2) meningkatkan keterampilan menulis pengumuman dengan penerapan teknik peer correction pada siswa kelas IV A di SDN Semboro 04 Jember tahun pelajaran 2013/2014. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV A SDN Semboro 04 Jember tahun pelajaran 2012/2013 dengan jumlah 32 siswa yang terdiri atas 19 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Sumber data yaitu guru kelas IV A dan siswa kelas IV A SDN Semboro 04 Jember. Jenis penelitian adalah PTK dan teknik memperoleh data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Desain penelitian terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Penerapan teknik peer correction pada pembelajaran menulis pengumuman berjalan dengan baik meskipun pada siklus I terdapat beberapa kendala, seperti siswa yang masih ragu-ragu saat menggarisbawahi kesalahan tulisan yang ia koreksi, namun kendala tersebut dapat diatasi pada siklus II dengan cara guru memberikan pedoman penilaian yang dijadikan acuan saat mengoreksi dan menegaskan kepada siswa bahwa apa yang siswa anggap salah, boleh untuk langsung digarisbawahi. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa rata-rata nilai kemampuan menulis siswa yaitu sebesar 64,2% dan mengalami peningkatan sebesar 9,3% sehingga pada siklus II menjadi 73,5%. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat diberikan saran bagi guru, diharapkan dapat menerapkan teknik peer correction pada pembelajaran menulis dan mungkin nantinya dapat menerapkan teknik peer correction pada mata pelajaran lain atau pada kelas yang lain.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61585
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository