PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PENGUMUMAN DENGAN TEKNIK PEER CORRECTION PADA SISWA KELAS IV A DI SDN SEMBORO 04 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Abstract
Peningkatan Keterampilan Menulis Pengumuman dengan Teknik Peer
Correction pada Siswa Kelas IV A di SDN Semboro 04 Jember Tahun
Pelajaran 2013/2014; Indi Meturana Kharisma; 100210204162; 71 halaman;
Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember.
Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan mata pelajaran Bahasa
Indonesia untuk SD kelas IV semester 2, salah satu kompetensi dasar yang harus
dicapai siswa dalam menulis adalah menulis pengumuman dengan bahasa yang
baik dan benar, serta memperhatikan penggunaan ejaan, namun kenyataan yang
ditemukan di lapangan, masih banyak siswa yang belum mampu menulis
pengumuman menggunakan bahasa yang baik dan belum menggunakan ejaan
serta tanda baca dengan benar.
Hasil observasi awal yang dilakukan pada siswa kelas IV A SDN Semboro
04 Jember, keterampilan menulis siswa masih rendah karena pembelajaran bahasa
Indonesia, khususnya menulis masih belum menggunakan teknik pembelajaran
yang tepat dan siswa belum terlibat aktif dalam pembelajaran. Saat menulis, siswa
masih merasa kesulitan, baik dalam menulis kosakata, ejaan, penggunaan kata
hubung, membuat kalimat efektif, bahkan dalam menggunakan tanda baca. Oleh
karena itu diperlukan suatu alternatif untuk meningkatkan kemampuan siswa
dalam menulis pengumuman melalui teknik peer correction karena dengan teknik
tersebut siswa dapat aktif dalam pembelajaran meuulis.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah
penerapan teknik peer correction untuk meningkatkan keterampilan menulis
pengumuman pada siswa kelas IV A di SDN Semboro 04 Jember tahun pelajaran
2013/2014, (2) Bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis pengumuman
setelah diterapkannya teknik peer correction pada siswa kelas IV A di SDN
Semboro 04 Jember tahun pelajaran 2013/2014. Berdasarkan rumusan masalah
tersebut penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan teknik peer
viii
correction untuk meningkatkan keterampilan menulis pengumuman pada siswa
kelas IV A di SDN Semboro 04 Jember tahun pelajaran 2013/2014, (2)
meningkatkan keterampilan menulis pengumuman dengan penerapan teknik peer
correction pada siswa kelas IV A di SDN Semboro 04 Jember tahun pelajaran
2013/2014.
Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV A SDN Semboro 04
Jember tahun pelajaran 2012/2013 dengan jumlah 32 siswa yang terdiri atas 19
siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Sumber data yaitu guru kelas IV A dan
siswa kelas IV A SDN Semboro 04 Jember. Jenis penelitian adalah PTK dan
teknik memperoleh data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes,
dan dokumentasi. Desain penelitian terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi,
dan refleksi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif.
Penerapan teknik peer correction pada pembelajaran menulis
pengumuman berjalan dengan baik meskipun pada siklus I terdapat beberapa
kendala, seperti siswa yang masih ragu-ragu saat menggarisbawahi kesalahan
tulisan yang ia koreksi, namun kendala tersebut dapat diatasi pada siklus II
dengan cara guru memberikan pedoman penilaian yang dijadikan acuan saat
mengoreksi dan menegaskan kepada siswa bahwa apa yang siswa anggap salah,
boleh untuk langsung digarisbawahi. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan
bahwa rata-rata nilai kemampuan menulis siswa yaitu sebesar 64,2% dan
mengalami peningkatan sebesar 9,3% sehingga pada siklus II menjadi 73,5%.
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat diberikan saran bagi guru, diharapkan
dapat menerapkan teknik peer correction pada pembelajaran menulis dan
mungkin nantinya dapat menerapkan teknik peer correction pada mata pelajaran
lain atau pada kelas yang lain.