• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH MODEL POLYA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN PECAHAN SISWA KELAS IVB SDN JEMBER KIDUL 04 TAHUN PELAJARAN 2013/2014

    Thumbnail
    View/Open
    DAVID ARDIYANTO_1.pdf (79.52Kb)
    Date
    2015-03-06
    Author
    David Ardiyanto
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    enerapan Pembelajaran Pemecahan Masalah Model Polya untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Pokok Bahasan Pecahan Siswa Kelas IVB SDN Jember Kidul 04 Tahun Pelajaran 2013/2014; David Ardiyanto; 100210204144; 2014; 64 halaman; Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember. Pembelajaran matematika di SDN Jember Kidul 04 Jember dilihat dari hasil belajar yang diperoleh siswa pada Ujian Akhir Semester masih rendah. Dari 43 siswa, hanya 18 siswa atau 41,86% siswa yang nilainya memenuhi KKM Dari rumusan masalah tersebut, ditentukan tujuan penelitian sebagai berikut: ix menerapkan pembelajaran pemecahan masalah model Polya pada pokok bahasan pecahan. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Jember Kidul 04 Jember tahun pelajaran 2013/2014. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVB yang berjumlah 43 anak. Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran pemecahan masalah model Polya pada pokok bahasan pecahan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IVB di SDN Jember Kidul 04 Jember. Setelah dilaksanakannya pembelajaran pemecahan masalah model Polya pada siklus I, persentase aktivitas belajar siswa rata-rata secara klasikal 55,62% dan termasuk kategori cukup aktif, sedangkan pada pembelajaran siklus II persentase aktivitas belajar siswa meningkat menjadi 68,22% dan termasuk dalam kategori aktif yang berarti mengalami peningkatan 12,20%. Pada siklus I hasil belajar siswa rata-rata secara klasikal 48,84%, sedangkan pada pembelajaran siklus II hasil belajar siswa secara klasikal 72,09%. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan 23,25%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dalam penerapan pembelajaran pemecahan masalah model Polya pada pokok bahasan pecahan di kelas IVB SDN Jember Kidul 04 dapat dilaksanakan dengan baik meskipun terjadi beberapa kendala. Saran dari penelitian ini untuk meminimalisir terjadinya kendala, bisa disiasati dengan cara mencatat nama-nama siswa yang ramai sendiri, memberikan hadiah bagi kelompok atau individu yang tertib selama proses pembelajaran, dan dengan model Polya kita bisa tanamkan pada diri anak bahwa soal pemecahan masalah itu mudah jika diselesaikan dengan langkah-langkah yang sistematis.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61584
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository