PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR PADA SISWA KELAS III SDI AL-KHAIRIYAH BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Abstract
Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi dengan Menggunakan Media
Kartu Kata Bergambar Pada Siswa Kelas III SDI Al-Khairiyah Banyuwangi
Tahun Pelajaran 2014/2015; Damai Yudha Bachtiar; 100210204096; 46
halaman; Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember.
Menulis puisi merupakan suatu bentuk kegiatan pengekspresian diri
melalui tulisan yang didalamnya terdapat makna yang tersirat. Pembelajaran
keterampilan menulis puisi pada tingkat sekolah dasar diharapkan siswa mampu
menghayati dan menulis puisi dengan baik. Kenyataannya, pada siswa kelas III
SDI Al-Khairiyah Banyuwangi keterampilan menulis puisi siswa masih rendah.
Beberapa kelemahan siswa dalam menulis puisi yaitu ketidakmampuan siswa
dalam menyampaikan imajinasi melalui kata-kata dalam bentuk puisi dan tidak
terampil dalam memilih dan menyusun kata-kata dalam bentuk puisi. Salah satu
penyebab dari permasalahan di atas adalah kurangnya penerapan atau penggunaan
media pada proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Oleh karena itu,
dibutuhkan suatu media pembelajaran yang dapat menstimulus minat belajar
siswa. Media kartu kata bergambar merupakan salah satu alternatif media untuk
meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa, karena media ini dapat
membantu siswa menyampaikan imajinasi melalui kata-kata dalam bentuk puisi,
dapat membantu pemilihan kata yang sesuai dengan adanya pilihan kata yang
telah disediakan, dan mampu menarik perhatian siswa dalam pembelajaran.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1)
ix
penggunaan media kartu kata bergambar dapat meningkatkan keterampilan
menulis puisi pada siswa kelas III semester I di SDI Al-Khairiyah Banyuwangi
tahun pelajaran 2014/2015, 2)
Penelitian ini dilakukan di kelas III SDI Al-Khairiyah Banyuwangi dengan
subjek penelitian sejumlah 38 siswa, yang terdiri atas 18 siswa laki-laki dan 20
siswa perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas
Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses penerapan media kartu kata
bergambar yang dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa pada siklus
I berjalan dengan baik meskipun terdapat beberapa kekurangan dalam proses
pembelajaran. Pada siklus II guru melakukan perbaikan dengan mengkondisikan
kelas agar lebih kondusif dan menjelaskan materi puisi lebih rinci dengan
membedakan menulis kalimat, cerita, dan puisi. Perbaikan yang dilakukan pada
siklus II ini dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi karena siswa mampu
menulis puisi lebih baik dari sebelumnya dengan memperoleh nilai lebih baik dari
siklus I. Hal ini ditunjukkan dengan adanya persentase hasil belajar siswa dalam
menulis puisi sebagai berikut. Pada tahap prasiklus, siswa yang tuntas dengan
nilai ≥ 70 sebanyak 23 siswa dengan persentase 60,53%. Pada siklus I
keterampilan menulis puisi siswa mengalami peningkatan yaitu siswa yang tuntas
dengan nilai ≥ 70 sebanyak 27 siswa dengan persentase 71,05%. Pada siklus II
juga mengalami peningkatan yaitu siswa yang tuntas dengan nilai ≥ 70 sebanyak
32 siswa dengan persentase 84,21%.
Saran bagi pihak sekolah, hendaknya mendukung upaya peningkatan
kualitas pembelajaran. Bagi guru, hendaknya dapat mengembangkan dan
menerapkan media yang lebih bervariasi sehingga dapat menstimulus minat
belajar siswa. Bagi peneliti lain, diharapkan dapat menciptakan dan
mengembangkan media pembelajaran yang lebih variatif dan kreatif.