• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PROBLEM–BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN PKn POKOK BAHASAN BENTUK-BENTUK KEPUTUSAN BERSAMA DI SDN SOMBO LUMAJANG

    Thumbnail
    View/Open
    Amin Rois Salfin Nuha - 080210204069_1.pdf (359.2Kb)
    Date
    2015-03-06
    Author
    Amin Rois Saifin Nuha
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    PENERAPAN MODEL PROBLEM–BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN PKn POKOK BAHASAN BENTUKBENTUK KEPUTUSAN BERSAMA DI SDN SOMBO LUMAJANG; Amin Rois Saifin Nuha; 080210204069; 2013: 65 Halaman; Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember. Manusia melekatkan dua peranan yakni sebagai makhluk individu dan sebagai makhluk sosial/ zone politicon. Kebersamaan yang berkesinambungan menciptakan ketergantungan antara manusia yang satu dengan manusia yang lainnya Pendidikan sebagai salah satu unsur terdekat dalam penciptaan peradaban madani mengambil peranan demi terwujudnya manusia Indonesia seutuhnya. Pendidikan Kewarganegaraan adalah mata pelajaran yang memfokuskan pada pembentukan diri yang beragam dari segi agama, sosio-kultural, bahasa, usia, suku bangsa untuk menjadi warga negara yang cerdas, terampil, dan berkarakter yang dilandasi oleh Pancasila dan UUD 1945. Kenyataan yang terjadi di sekolah menunjukkan rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran PKn. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor antara lain: metode pembelajaran yang diterapkan di sekolah masih berpusat pada guru, pengkondisian siswa dalam kelompok jarang dilakukan, dan praktek pembelajarannya kurang melibatkan siswa dalam pemecaha masalah yang disajikan. Penerapan Model Pembelajaran Problem–Based Learning (PBL) kepada siswa diharapkan dapat memberikan lebih banyak kesempatan kepada siswa untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran serta siswa dapat menemukan dan membangun pengetahuan dari realitas yang ada di sekitarnya secara mandiri dan kelompok, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V Pada Mata Pelajaran PKn Pokok Bahasan Bentuk-Bentuk Keputusan Bersama di SDN Sombo Kabupaten Lumajang dengan Penerapan Model Problem–Based Learning (PBL). Sedangkan rumusan masalah dalam viii penelitian ini ialah bagaimana penerapan Model Problem-Based Learning (PBL) dapat meningkatakan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran PKn Pokok Bahasan Bentuk-Bentuk Keputusan Bersama di SDN Sombo Kabupaten Lumajang? Pengambilan data dilaksanakan di SDN Sombo Gucialit, dimulai pada tanggal 21 Januari 2013 sampai tanggal 18 April 2013 dengan subyek penelitian adalah siswa kelas V dengan jumlah siswa 23 anak, terdiri dari 9 laki-laki dan 14 perempuan. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, dokumentasi dan wawancara. Data yang dikumpulkan berupa analisis terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa dalam penerapan Model Problem–Based Learning (PBL), tes prasiklus, tes siklus I, dan tes sklus II. Analisis data terhadap aktivitas siswa dalam penerapan Model Problem– Based Learning (PBL) pada analisis aktivitas siswa pada prasiklus sebesar 53,94% siklus I sebesar 61,21% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 81,00%. Analisis hasil belajar prasiklus yakni 45,45% pada siklus I meningkat menjadi 68,18% dan pada siklus II mencapai 86,36%. Berdasarkan analisis belajar pada siklus II, maka dapat dikatakan bahwa siswa kelas V SDN Sombo Lumajang telah mencapai hasil belajar secara klasikal yaitu lebih 60% siswa telah mencapai nilai ≥60. Dengan demikian dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Problem–Based Learning (PBL) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran PKn Pokok Bahasan Bentuk-Bentuk Keputusan Bersama di SDN Sombo berjalan dengan baik dan membuat siswa lebih aktif, antusias, dan tertarik mengikuti pembelajaran.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61582
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository